Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar bazar batu permata dan kontes batu akik nasional yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Banjar ke-72 yang puncaknya diperingati tanggal 24 Agustus 2022.
 
Pembukaan bazar batu permata dan kontes batu akik nasional itu resmi dibuka bupati di halaman Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Rabu, ditandai dengan pemukulan gong disaksikan undangan.
 
Kegiatan dihadiri Ketua Dekranasda Nurgita Tiyas, Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie, Forkopimda, Sekda H M Hilman, Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Banjar, serta unsur perbankan dan pihak sponsor.
 
"Kami mengapresiasi kegiatan yang diharapkan mampu memulihkan ekonomi akibat dampak COVID-19, meningkatkan kesejahteraan UMKM sekaligus menghidupkan kembali batu akik," ujar bupati.
 
Project Manager Yusuf Bachem Azmi mengatakan, peserta yang ikut kontes batu akik nasional berasal dari Sumatera, Madura dan Surabaya juga Papua sehingga berlangsung ramai dan semarak.
 
"Jumlah batu yang terdaftar baik jenis permata maupun batu akik sekitar 2.500 ikut ambil bagian meramaikan kontes batu akik tingkat nasional selama empat hari pelaksanaan," ucapnya.
 
Dikatakan, batu permata dan baru akik yang dilombakan seperti Batu Beningan (Red Borneo, Ginggang, Kecubung, Bacan, Chalsedon) dan Batu Gambar dengan 700 kategori yang dilombakan pada ajang itu.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022