Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin terkesan dengan aneka produk hasil karya pesantren  yang dipamerkan dalam One Pesantren One Product (OPOP) Kalsel Expo 2022 yang digelar di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru pada Kamis (11/8).

Usai membuka gelaran OPOP Kalsel Expo yang memiliki tagline Pesantren Berdaya, Umat Sejahtera itu, Wapres didampingi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor meninjau beberapa stand yang terletak di sisi utara acara peresmian.

Saat berada di sejumlah stan, Wapres mendapat penjelasan dari pihak panitia terkait aneka produk olahan pesantren yang telah dijual di pasaran.

Aneka olahan pesantren yang kini telah dijual, seperti madu, makanan ringan, kemasan albumin hingga aneka kerajinan.

Bahkan, Wapres pun sempat dilihatkan minuman kopi kemasan oleh Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu.

Minuman kopi itu salah satu produk olahan kerjasama dengan para pondok pesantren.
Wapres, KH Ma'ruf Amin, di dampingi Gubernur Kalsel mengunjungi stan pameran OPOP Kalsel Expo 2022 di Lapangan Murjani Banjarbaru, Kamis, 11/8/2022. (Antara/HO-Istimewa)


Tak itu saja, pada kesempatan itu, Wapres juga melihat kain sasirangan dengan motif tradisional yang menggunakan pewarna alami.

“Alhamdulilah, stan kami mendapat kunjungan Wapres dan Paman Birin. Stan ini menjual aneka produk olahan pesantren yang ada di Kalsel,” kata Imam, penjaga salah satu stan OPOP.

Iman menjelaskan, aneka produk olahan pesantren ada di stannya, baik itu makanan ringan, minuman dan madu hingga aneka kerajinan.

Selain stan yang memamerkan aneka produk pesantren, OPOP Kalsel Expo juga diisi berbagai mitra yang saat ini telah bekerjasama dengan pesantren, seperti Bank Indonesia dan Bank Kalsel.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022