Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor memberikan penghargaan kepada 6 (enam) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah dianggap mampu memajukan desanya.

Penyerahan penghargaan diwakili Sekdaprov Roy Rizali Anwar dalam rangkaian acara Expo dan Penghargaan BUMDes di Atrium Duta Mall pada Sabtu (6/8).

Keenam BUMDes itu adalah BUMDes Maju Jaya dari Tabalong, BUMDes Makmur Jaya Abadi dari Tapin, BUMDes Tirta Jaya dari Tanah Bumbu, BUMDes Karya Putra Pribumi dari Tanah Laut, BUMDes Makmur Sejahtera dari Banjar dan BUMDesa Maju Bersama dari Barito Kuala.

Selain penghargaan untuk BUMDes, juga diserahkan juga penghargaan untuk 3 (tiga) kabupaten sebagai pemerintah daerah terbaik dalam pengembangan BUMDes.

Yakni Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tanah Bumbu serta sejumlah penghargaan untuk perusahaan-perusahaan yang mendukung pengembangan BUMDes.
penyerahan penghargaan kepada 6 (Enam) BUMDes terbaik pada ajang BUMDes Expo 2022 Kalsel,6/8/2022 (Antara/Latif Thohir)


Gubernur Kalsel melalui Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar menyampaikan, Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan dapat meningkatkan perekonomian tingkat desa.

Gubernur yang kerap disapa Paman Birin ini menyampaikan bahwa BUMDes adalah salah satu program prioritas pemerintah dalam memajukan desa.

Dimana dengan hadirnya BUMDes, diharapkan dapat mendorong aktivitas ekonomi tingkat desa sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa, serta mendukung kebijakan pemerintah dalam pemerataan pembangunan ekonomi di daerah.

"Hadirnya BUMDes diharapkan benar-benar dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal di tingkat desa," harapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa kegiatan expo ini adalah upaya dan dukungan dalam mendorong para pelaku BUMDes untuk dapat mengenalkan produknya kepada masyarakat.

"Kegiatan ini tentunya sebagai bentuk upaya kita dalam mendorong dan memberikan ruang kepada para pelaku BUMDes, agar menampilkan produk unggulannya masing-masing sehingga produk tersebut lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas," ujarnya.

Promosi dalam bentuk expo ini juga membuka peluang untuk membangun kemitraan dengan pihak lain, seperti perbankan, investor dan stakeholder lainnya.

Selain itu, penghargaan terhadap BUMDes berprestasi yang juga diberikan pada kegiatan ini, disebutkan Paman Birin sebagai bentuk dari perhatian dan kepedulian Pemprov Kalimantan Selatan terhadap BUMDes yang memiliki andil besar dalam membangun desa.

"BUMDes bisa dikatakan sebagai tulang punggung dan ujung tombak pemberdayaan masyarakat," sampainya.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022