Ribuan jemaah mengikuti Hulu Sungai Selatan (HSS) Bershalawat dalam rangka peringatan Tahun Islam 1444 Hijriyah, yang diselenggarakan Pemkab setempat di alun-alun Kota Kandangan.

Kegiatan ini menghadirkan Al Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan dari Jakarta, yang merupakan pimpinan Yayasan Al Fachriyah, Tanggerang, Banten.

"Alhamdulillah malam hari ini kita bisa kumpul bersama di lapangan Lambung Mangkurat, untuk menggelar HSS Bershalawat dalam rangka memasuki Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah," kata Bupati H Achmad Fikry, Senin (1/8) malam.

Atas nama pemerintah dan masyarakat HSS, pihaknya menyampaikan ucapan selamat datang dan penghargaan serta terimakasih kepada Habib Jindan dan keluarga beserta rombongan, berkenaan hadir dalam kegiatan HSS Bershalawat.
 
Penyerahan bantuan beasiswa ke luar negeri Pemkab dan MUI HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Bupati ikuti peringatan Tahun Baru Hijriah bersama Masyarakat Daha

Ucapan selamat memasuki Tahun Baru 1444 Hijriyah teriring doa agar tahun ini keberkahan dan kemuliaan serta kedamaian diberikan Allah Subhanahu Wataala untuk daerah HSS.

Setelah dua tahun tidak melaksanakan HSS Bershalawat di tengah-tengah pandemi COVID-19, pihaknya bersyukur bisa kembali merayakan Tahun Baru Hijriyah dengan HSS Bershalawat.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan habib yang mulia, doa kita semua kondisi HSS bisa tetap seperti ini, sehingga kegiatan keagamaan bisa terus kita laksanakan secara bersama-sama dengan penuh semarak dan penuh keberkahan Allah,” katanya.

Disampaikan pula sebagai momentum Tahun Baru 1444 Hijriyah, di jajaran Pemkab HSS untuk semua penanggalan surat, selain tahun Masehi juga didampingkan dengan tahun Hijriyah.

Hal ini dilakukan agar menjadi pertanda bahwa harus memperkenalkan tahun tahun Hijriah di tengah-tengah masyarakat, hingga diiminta semua surat pemerintah daerah selain tanggal Masehi diikutsertakan tanggal Hijriyah.
 
HSS Bershalawat peringati Tahun Baru Islam. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Sebanyak 25 kelompok ikuti karnaval sambut tahun baru Islam

“Sekali lagi semangat kita untuk membumikan tahun-tahun Hijriyah di tengah-tengah masyarakat, jangan sampai masyarakat lupa akan tahun kita, yang kita ketahui dari bulan Januari sampai Desember dan yang lainnya tidak tahu,” katanya.

Sebelum acara dimulai, Al Habib Jindan Bin Novel bersama dengan TGH. Ahmad Syairazi dan Bupati HSS serta Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan ke luar negeri pemkab dan MUI HSS kepada para penerima.

Kemudian TGH. Ahmad Syairazi memimpin sholawat dengan diiringi para santri Dalpa Kandangan, serta diikuti para seluruh jemaah yang berhadir.

Dilanjutkan dengan tausiah agama yang disampaikan Al Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan dari Jakarta, sekaligus menutup dengan doa untuk Kabupaten HSS.

Turut hadir, Sekda HSS, H. Muhammad Noor, Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, Pimpinan Majelis Ta’lim Asshofa Kandangan, Habib Abdussalam Ali Zein Alkaff, Forkopimda HSS, para habaib, alim ulama, tokoh masyarakat dan para santri Dalpa Kandangan.

Baca juga: Jemaah haji asal HSS tiba di kampung halaman
 
HSS Bersholawat peringati Tahun Baru Islam. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022