Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry mengikuti peringatan awal tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1444 Hijiriah, diperingati dengan sederhana namun semarak oleh masyarakat Daha, dipusatkan di Masjid Besar Ibrahim, Nagara.

Ia mengingatkan, agar menjadikan momentum peringatan Tahun Baru Hijriyah ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Kami sangat berterima kasih kepada seluruh elemen dan masyarakat HSS semuanya, selalu mendukung pemerintah daerah, sehingga di HSS tidak ada gejolak yang mengganggu jalannya pembangunan untuk mewujudkan visi misi kabupaten," katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sebanyak 25 kelompok ikuti karnaval sambut tahun baru Islam

Penceramah, TGH. Ahmad Syairaji, mengatakan semangat hijrah itu hendaknya diisi dengan memelihara dan mencintai warisannya, termasuk keluarga dan keturunan beliau.

Dijelaskan dia, Ini adalah sebagai bentuk rasa terimakasih atas nikmat Iman dan Islam yang telah dibawa melalui tangannya, menghargai perjuangan Rasulullah, mencintai Rasulullah.

"Sebagaimana cintanya Abu Bakar, yang berani mengorbankan apapun demi Rasulullah," katanya yang juga merupakan Pengasuh Ponpes Dalam Pagar Kandangan, saat menyampaikan tausiah.

Baca juga: Jemaah haji asal HSS tiba di kampung halaman

Ditambahkan dia, ada tiga hikmah Tahun Baru Hijriyah yang patut diingat, yakni menjadikan semakin bersyukur kepada Allah, meningkatkan kualitas iman, dan menjadikan berjalannya waktu sebagai hikmah untuk selalu berjalan menuju ridho Allah SWT.

Adapun peringatan Tahun Baru Hijriyah kali ini mengambil tema "Mari kita tingkatkan muhasabah atau introspeksi diri, agar kita dapat hijrah ke kehidupan yang lebih baik dunia dan akhirat".

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022