Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut (Sekdakab Tala) H Dahnial Kifli menyatakan, kehadiran posyandu membantu pemerintah kabupaten pada pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mencintai lingkungan dan membuat pola hidup sehat, sehingga tingakat partisipasi masyarakat meningkat.

"Dengan adanya kegiatan penilaian posyandu dan kader ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan peran masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan,  seperti  penurunan angka kematian ibu dan bayi serta stunting. Kami bangga pada Posyandu Melati Desa Sumber Mulia sebagai perwakilan Tanah Laut karena telah melakukan pelayanan aktif, terbaik dan telah melakukan inovasi," kata Dahnial, pada penilaian Posyandu Melati Desa Sumber Mulia, Kecamatan Pelaihari oleh  Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Posyandu Melati Desa Sumber Mulia, Senin (01/08/2022).

Salah satu anggota Pokjanal Posyandu Tanah Laut  sekaligus Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Tanah Laut  (Dinkes Tala) Yuliansyah mengatakan,  penilaian posyandu tingkat Provinsi Kalsel  tersebut merupakan penilaian tahap pertama dilaksanakan secara daring.

"Kita berharap posyandu lainya  di Tanah Laut dapat meniru inovasi yang telah Posyandu Melati Desa Sumber Mulia lakukan, nanti hasil penilaian diverifikasi oleh tim penilai dari provinsi.Jika berhasil masuk nominasi akan ada kunjugan lapangan," kata Yuli.

Sementara, Ketua Posyandu Melati Desa Sumber Mulia Suprihatin menjelaskan,  persiapan yang dilakukan dalam mengikuti penilaian tingkat provinsi tersebut, salah satunya memberikan pelayanan menjadi meja sembilan dan telah melakukan lima inovasi.

"Kita memiliki inovasi pilah sampah kumpul antar jadi emas (Pikul emas), kunjungan rumah balita (Kurma), reward bayi dan balita (Renita), istana anak sehat (Nasehat) dan gerakan aparatur desa peduli posyandu balita (Gempita)," terang Suprihatin.

Turut hadir pada pada penilaian Posyandu Melati Desa Sumber Mulia, Kecamatan Pelaihari oleh  Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala DPMD Tanah Laut, Kepala DP2KBP3A Tanah Laut, Wakil Ketua II TP-PKK Tanah Laut, Perwakilan Dinkes Tanah Laut, Perwakilan Diskomimfo Tanah Laut, Camat Pelaihari, Kepala Desa Sumber Mulia dan Tim Pokjanal Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022