Banjarmasin,Antaranews Kalsel - Pelabuhan Banjarmasin menggelar berbagai kegiatan bertemakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam memperingati 'Bulan K3 Nasional 2016'.

General Manager Pelindo III Banjarmasin Hengki, di Banjarmasin, Senin mengatakan, mengusung tema “Tingkatkan budaya K3 untuk mendorong produktivitas dan daya saing di pasar Internasional.

"Kegiatan dilaksanakan 12 januari hingga 12 februari 2016 disambut antusias karyawan dan mitra kerja Pelabuhan Banjarmasin. Implementasi K3 di Pelabuhan Banjarmasin menuju pelabuhan yang tertib,aman dan nyaman," kata Hengki.

Implementasi K3 tersebut seperti membentuk P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) yang berfungsi mengontrol dan mengawasi kondisi di lapangan terutama penggunaan APD, dan sudah disahkan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Banjarmasin.

Dalam sela-sela talk show, Pjs. Sistem Manajemen Keamanan dan Keselamatan Kerja Lina Ratnasari menyatakan bahwa Pelabuhan Banjarmasin menempatkan keselamatan karyawan pada urutan teratas, oleh karena itumengupayakan yang terbaik bagi karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi keselamatannya melalui pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di Lapangan.

Rangkaian kegiatan Bulan K3 diawali dengan Pemasangan Spanduk dan umbul-umbul  memperingati bulan K3 di setiap sudut kantor dan Terminal Penumpang Bandarmasih pada minggu pertama bulan K3, Selasa (12/1).

Dilanjutkan dengan penyerahan alat pelindung diri (APD) dan sosialisasi pemakaiannya secara langsung di pelabuhan kawasan Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Selasa (19/1).

Pasca Pelabuhan Kawasan Pulang Pisau, rangkaian kegiatan K3 berlanjut ke penertiban roda 2 di Terminal Konvensional Martapura Baru Banjarmasin, Selasa (26/1).

Dilanjutkan pemakaian wajib APD kepada seluruh mitra kerja, ABK kapal, buruh TKBM di Terminal Petikemas Banjarmasin yang dibarengi dengan penyediaan APD bagi truck driver dari luar wilayah Pelabuhan Banjarmasin dengan sistem pinjam pakai, Selasa (02/2).

Puncak acara Pelabuhan Banjarmasin mengadakan Talk Show K3 yang dihadiri oleh seluruh stakeholder dan mitra kerja diterminal Penumpang Bandarmasih, Selasa (11/2) dan dilakukan penandatanganan komitmen bersama implementasi K3 di Terminal Penumpang Bandarmasih.

"Kami mengapresiasi Pelindo III yang berkomitmen menjalankan program meminimalisasi potensi kecelakan kerja di Pelabuhan Banjarmasin," ujar Kepala KSOP Banjarmasin Takwim.

Kepatuhan terhadap peraturan dan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi prioritas Pelabuhan Indonesia III yang dilaksanakan oleh manajemen dan seluruh karyawan perusahaan.

“Pelaksanaan Undang-undang (UU) nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja ini memberikan perlindungan keselamatan pekerja dan orang lain yang berada di tempat kerja untuk mengurangi resiko kecelakaan,” kata perwakilan dari Disnaker Banjarmasin Purwoko.
 


Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016