Pelaksana tugas Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi bersyukur Peringatan Hari Anak Nasional (HANI) bisa kembali dilaksanakan secara meriah pasca pandemi COVID,-19 meredam

"Alhamdulillah bisa kembali melihat anak-anak ceria dan gembira melaksanakan berbagai kemeriahan seiring Hari Anak Nasional," ujar Husairi di Amuntai, Sabtu (30/7).

Ia mengatakan, HANI dua tahun terakhir dilaksanakan sederhana akibat pandemi COVID-19. Kini anak-anak bisa melaksanakan beberapa kegiatan untuk memeriahkannya, seperti tari, pantomim, pembacaan puisi hingga penampilan polisi cilik

Husairi juga mengucapkan selamat Hari Anak Nasional 2022 sembari mengajak para orang tua agar lebih memberi perhatian besar kepada anak. 
 
Panggung meriah Peringatan HANI 2022 di GOR Karias Amuntai. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Jangan biarkan anak-anak menyendiri karena kurang perhatian dan jangan pula kita harus mengekang anak," kata Husairi. 

Ia mengatakan, melalui momentum Hari Anak ini diharapkan dapat meningkatkan keluarga masyarakat yang berkualitas.

Selain itu, diharapkan nantinya potensi anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga menjadi satu sumber daya manusia (SDM) yang sangat penting bagi pembangunan di masa yang akan datang.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menggelar puncak peringatan Hari Anak Nasional(HANI)  2022 di Gedung  Bulutangkis Raga Buana GOR Pangeran Suryanata, Sabtu (30/7/2022). 
 
Anak-anak antusias mengikuti nPeringatan HANI 2022 di GOR Karias Amuntai, Sabtu (30/7/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Kepala DPPPA  HSU Gusti Iskandariah dalam laporannya mengatakan peringatan Hari Anak Nasional 2022 merupakan komitmen untuk menuju kepedulian terhadap anak Indonesia

"Pada tahun ini beda dengan tahun-tahun yang lalu, kita dapat melibatkan semuanya, mulai dari tingkat desa hingga kabupaten, " kata Gusti.

Kehadiran aparat kecamatan dan desa terkait keberhasilan DPPPA membentuk  kepengurusan anak di 87 desa di 10 kecamatan dan kabupaten dengan jumlah total 1153 forum anak.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan berbagai penghargaan, seperti penghargaan Desa Layak Anak diraih Desa Pematang Benteng, Kecamatan Sungai Tabukan, Desa Pulantani, Kecamatan Haur Gading, dan Desa Karias Dalam, Kecamatan Banjang.

Sedangkan puskesmas Haur Gading mendapatkan penghargaan sebagai Puskesmas Layak Anak dan penyerahan berbagi macam bibit tanaman serta perlombaan yang diikuti oleh perwakilan forum anak dari 10 kecamatan se-Kabupaten HSU.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022