PS Barito Putera berhasil memenangi laga sengit melawan Borneo FC dengan skor 3-1 pada BRI Liga 1 2022-2023 di Stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar, Kalsel, Sabtu malam.

Barito Putera meraih keunggulan atas Borneo FC lewat tiga pemain asingnya, yakni, Rafael Silva pada menit ke-27, Renan Alves pada menit ke-52 dan Rafinha pada menit ke-79.

Sementara itu, Borneo FC hanya bisa mencetak satu gol lewat Achmad Nur Hardianto pada menit ke-37.

Sebagai tuan rumah, Barito Putera bermain agresif sejak peluit ditiup pada babak pertama, namun serangan-serangan yang dibuat anak asuh Dejan Antonic masih bisa dipatahkan.

Hingga menit ke-27, lewat skenario serangan yang dibuat Umanailo lewat umpan lambung yang manis yang disambut sundulan Rafael Silva mematikan gawang Borneo FC Shahar Ginanjar. Skor pun berubah 1-0 untuk Barito Putera.

Tertinggal 1-0, Borneo FC meningkatkan serangan ke gawang Barito Putera. Hasilnya Borneo dapat menembus pertahanan lewat pemainnya Achmad Nur Hardianto yang membuat tendangan di sudut sempit menyentuh kaki pemain lawan hingga bola berbelok mengecoh kiper Barito Putera Joko Ribowo.

Gol balasan pun terwujud pada menit ke-37, sehingga menyamakan kedudukan hingga akhir babak pertama dengan skor 1-1.

Setelah istirahat turun minum, Barito Putera makin ganas membuat serangan, hingga mendapat peluang tendangan sudut pada menit ke-52.

Pemain veteran Barito Putera Rizky Pora pun mengambil tendangan. Operannya ke muka gawang lawan pun sangat terukur hingga bisa disambut Renan Alves dengan sundulan mematikan hingga kiper Borneo FC kembali memungut bola di dalam gawangnya, skor pun berubah 2-1.

Barito Putera tidak mengendorkan serangan, akhirnya pada menit ke-79 umpan akurat Lutfhi Kamal dari bola mati mengarah ke posisi Rafinha yang langsung menyambar dengan kaki kanan keras yang kembali tak dapat dihalau kiper Borneo FC, skor menjadi 3-1.

Borneo FC yang ketinggalan 2 gol pun terus menekan untuk bisa menyamakan kedudukan, namun selalu bisa dipatahkan pertahanan Barito Putera.

Demikian juga Barito Putera yang mencoba menambah gol, meski ada beberapa kali mendapat peluang juga tidak memenuhi hasil diharapkan, hingga peluit akhir ditiup wasit, tidak ada lagi tambahan gol.

Pelatih Barito Putera Dejan Antonic memuji permainan para pemainnya yang tampil konsisten pada laga ini, hingga dapat menang dengan skor yang cukup besar 3-1 tersebut.

"Permainan seperti ini harus bisa terus dipertahankan di pertandingan selanjutnya," ujarnya.

Meski menang tersebut, pelatih asal Serbia ini juga menyatakan sedih atas cederanya kiper utama Borneo FC Angga S yang harus langsung di bawa ke rumah sakit.

"Saya berharap dia bisa sembuh, tidak mengalami cedera parah, bisa kembali bermain nantinya," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Borneo FC, Milomir Seslija memuji kejelian Barito Putera dalam memanfaatkan skema bola mati.

"Selamat untuk Barito. Kita akui pemain kami kehilangan fokus, sehingga Barito bisa mencetak tiga gol melalui skema set piece," ucap Milo.

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022