Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor menyatakan pentingnya mendongeng untuk tumbuh kembang anak. 

"Dongeng bisa menanamkan nilai moral lewat cerita yang disampaikan," ujarnya saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis.

Gubernur ingin semua orang tua untuk kembali menghidupkan budaya mendongeng untuk anak, sebagaimana sering dilakukan orang tua masa lalu saat menidurkan anaknya.

Menurut dia, di masa moderen saat ini hampir tidak semua orang tua berinteraksi dekat dengan anaknya lagi saat hendak tidur, untuk sekedar memberi pesan atau mendongeng.

Ia mengajak mari ciptakan lagi budaya mendongeng bagi anak. Dia pun memastikan pemerintah provinsi selalu menyerukan itu dalam setiap programnya, khususnya program yang berkaitan dengan mewujudkan tumbuh kembang anak.

Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin ini pun menyempatkan diri untuk mendongeng bagi anak-anak yang hadir pada peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Gedung Mahligai Pancasila itu.

Menggunakan media boneka, Gubernur didampingi Bunda Enik Mintarsih mendongeng tentang waspada terhadap orang tidak dikenal.

Pesan yang disampaikan dalam dongeng yang dibawakannya untuk anak agar bisa menjaga diri dengan baik.

"Anak-anakku jaga diri baik-baik, hati-hati terhadap orang yang tidak anakku kenal, lebih baik menjauh," ujarnya disambut riang ratusan anak yang mendengarkan.

Sahbirin Noor juga menyisipkan pesan di dalam dongengnya agar anak-anak selalu memakai masker dan rajin cuci tangan, sebab masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel Adi Santoso menyatakan, kehadiran gubernur hingga mendongeng bagi anak di acara ini membuat kemeriahan tersendiri bagi anak-anak.

Selain mendongeng, katanya, acara diramaikan juga senam otak bagi kecerdasan anak. Kegiatan ini diikuti pula secara virtual anak-anak se-Kalsel.

Dikatakan dia, Hari Anak Nasional 2022 mengangkat tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". 

Pada kesempatan ini juga, Gubernur menyerahkan hadiah pemenang video HAN pada Forum Anak Daerah (FAD), penyerahan Kartu Indonesia Anak (KIA) secara simbolis, penyerahan telur dan ikan pada anak, serta penyerahan hadiah website teraktif kepada FAD.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022