Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang, Sumatera Selatan, keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-13 Politeknik se-Indonesia tahun 2022 dari 13--20 Juli di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kontingen Polsri meraih sebanyak 60 medali, yakni 27 medali emas, 15 perak dan 19 perunggu hingga ditutupnya gelaran Porseni tersebut di kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalsel, Rabu malam.

Polsri menyisihkan 50 politeknik yang mengikuti event olahraga paling akbar politeknik setiap dua tahun sekali tersebut.

Sementara itu juara dua perolehan medali emas terbanyak diraih kontingen Politeknik Negeri Pontianak, yakni 11 emas, 6 perak dan 12 perunggu.

Selanjutnya juara tiga Politeknik Negeri Malang dengan raihan 9 emas, 12 perak dan 15 perunggu. Juara empat Politeknik Negeri Bandung dengan 9 emas, 5 perak dan 8 perunggu.

Kemudian juara lima Politeknik Negeri Jember dengan 6 emas, 10 perak dan 13 perunggu. Keenam Politeknik Negeri Samarinda dengan 6 emas, 5 perak dan 4 perunggu. Ketujuh Politeknik Negeri Batam dengan 6 emas, 2 perak dan 5 perunggu. 

Selanjutnya juara delapan Politeknik Negeri Banjarmasin dengan 5 emas, 8 perak dan 7 perunggu. Kesembilan Politeknik Negeri Bali dengan 5 emas, 2 perak dan 5 perunggu. Kesepuluh Politeknik Negeri Jakarta dengan 4 emas, 5 perak dan 10 perunggu.

Ketua Badan Koordinasi Pimpinan Kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia, Iwa Sudrajat menyatakan pelaksanaan Porseni ke-13 Politeknik se-Indonesia 2022 sukses.

Dia pun menyampaikan selamat kepada Politeknik Negeri Banjarmasin yang sudah dengan baik menggelar event ini, hingga berjalan lancar, sukses dan penuh prestasi.

Demikian pula dia menyampaikan selamat kepada Politeknik Negeri Sriwijaya yang menjadi juara umum.

"Selanjutnya kita kembali bertemu di Porseni ke-14 di Malang pada 2024," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi menyampaikan terimakasih kepada semua kontingen yang sudah berpartisipasi hingga Porseni ini berjalan sukses.

Sebagai tuan rumah, Joni menyampaikan maaf jika ada kekurangan dalam kegiatan ini, namun pihaknya sudah berusaha maksimal agar semua terlayani.

"Segala pujian yang kita terima pada pelaksanaan ini adalah kerja semuanya," ujarnya.

Pada ajang Porseni ke-13 Politeknik se-Indonesia 2022 dipertandingkan 15 cabang olahraga dan 7 cabang seni. 

Untuk 15 cabang olahraga, yakni bola voli indoor, futsal, taekwondo, pencak silat, karate, panjat dinding, atletik, bola basket, bridge, bulutangkis, catur, E-sport, kempo, tenis meja dan bola voli pasir.

Kemudian sebanyak 7 cabang seni, yakni fotografi, kaligrafi, karikatur, monolog, puisi, solo song dan stand up.
Porseni ke-13 Politeknik se-Indonesia 2022 di Banjarmasin.(Antara/Sukarli)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022