Warga Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, bergotong royong bersama personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1001-01/Juai membersihkan lahan yang disiapkan untuk ditanami porang.

"Kegiatan ini kami laksanakan untuk membantu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat beserta anggota dalam segi ekonomi," kata Babinsa Koramil 1001-01/Juai, Sertu Harnowo di Paringin, Senin.

Ia berharp kegiatan ini membuat masyarakat terbiasa berpikir kritis guna memanfaatkan lahan yang kosong milik mereka dengan sebaik-baiknya.

Dia melanjutkan, untuk membuka lahan tidaklah mudah karena lahan tersebut sudah ditumbuhi rerumputan yang lebat dan tebal. Rumput pun harus dibersihkan lebih dulu baru dapat mengolah lahan.

“Dengan pembukaan lahan baru ini, nantinya bisa memberikan contoh kepada warga lainnya bahwa tidak ada yang tidak bisa selama kita mau bekerja dan terus berusaha,” ucap Harnowo.

Setelah pembersihan serta pembukaan lahan maka dilanjutkan dengan pengolahan tanah menggunakan traktor guna mempercepat pekerjaan mengolah tanah yang telah dibersihkan tersebut.

Diketahui, dalam teknisnya anggota Babinsa Koramil 1001-01/Juai turun langsung dari mulai penyiapan lahan, penanaman bibit, sampai dengan merawat hingga masa panen tiba. Hasilnya nanti dibagi dengan masyarakat.

Baca juga: Pemkab Balangan tanam porang dengan program Pokar
Baca juga: Kementan dorong porang di Kalsel bisa penuhi ekspor

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022