Kecamatan Pelaihari menjadi juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke - 44 Tingkat Kabupaten Tanah Laut 2022, di Kecamatan Bati-Bati.

Kepastian itu diketahui usai majelis hakim dan juri membacakan surat keputusan pada acara penutupan MTQN ke-44 oleh  Bupati Tanah Laut HM Sukamta, di halaman Sepak Bola Tumenggung Sutun, Desa Padang, Minggu (17/07/2022) malam. 

"Juara umum kecamatan dengan total poin 65 adalah Kecamatan Pelaihari," ujar Hamsani selaku Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tanah Laut.

Terpisah, Camat Pelaihari Rika Amalia usai menerima piala juara umum bergilir dari bupati mengungkapkan rasa syukur Kafilah Pelaihari mampu memberikan prestasi yang maksimal. 

Dia berharap, hasil tersebut menjadi kebangsaan dan memberikan nilai yang luar biasa bagi warga Kecamatan Pelaihari, khususnya dan masyarakat Tanah Laut pada umumnya.

"Alhamdulillah, kami dari kecamatan menyampaikan penghargaan dan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh kafilah, pendamping dan pelatih, karena telah semangat memberikan yang terbaik bagi Kecamatan Pelaihari," ucap Rika.

Dengan bermodalkan juara umum, Rika berharap,  tahun depan Kecamatan Pelaihari dapat kembali mempertahankan raihan prestasi tersebut.

Sementara, Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengatakan, seluruh peserta pasti menampilkan yang terbaik pada MTQN kali ini. 

Terlepas apapun hasilnya, menurut Sukamta menjadi kewajiban umat Islam  membesarkan Al-Quran. 

"Apapun hasil diperoleh harus menjadi evaluasi bersama atas kinerja dan usaha kita, terutama LPTQ tingkat kecamatan hingga desa. Semoga tetap memberikan semangat agar kita terus mempelajari, mensyiarkan dan membumikan Al Quran," ucap Sukamta sesaat sebelum menutup secara resmi MTQN ke-44 tahun 2022. 

Posisi kedua diraih oleh Kecamatan Kintap dengan total poin 57 dan posisi ketiga diraih oleh Kecamatan Tambang Ulang dengan total poin 41 poin serta tuan rumah pelaksanaan MTQN Kecamatan Bati-Bati berada pada posisi keempat.

Sedangkan urutan kelima hingga kesebelas di antaranya Kecamatan Jorong, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Panyipatan, Kecamatan Takisung, Kecamatan Kurau, Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Bajuin. 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022