salah satu ikon agro wisata Hulu Sungai Tengah (HST) kebun anggur yang sempat viral di Desa Awang Besar, Kecamatan Barabai, ibukota HST, sekitar 165 timur laut Banjarmasin.

Pewarta Antara Kalsel dari Banjarmasin yang melakukan peninjauan, Senin melaporkan, agro wisata anggur cukup mendapat perhatian dan kunjungan masyarakat, terutama warga sekitar.

Pemilik kebun tersebut, Mas Yoyo, mengedukasi tata cara atau budidaya berkebun anggur kepada setiap pengunjung ataupun yang mau melakukan swafoto.

Menurut laki-laki yang baru berusia 40-an itu, cara menanam anggur relatif mudah. "Yang penting rajin melakukan perawatan," katanya.

Begitu pula tidak terlalu memerlukan lahan yang terlalu luas, bisa sebagai tanaman pekarangan atau menggunakan sistem "pelebat" guna memudahkan perawatan.

Selain itu, tanaman anggur tersebut mempunyai prosfek atau masa depan yang cukup menjanjikan, karena usianya bisa mencapai 30 tahun serta produktivitas yang terus meningkat, asalkan perawatan secara baik dan benar.
Pemilik ikon agro wisata anggur Desa Awang Besar, Kecamatan Barabai, Mas Yoyo sedang mengedukasi pengunjung kebunnya, 16 Juli 2022. (Syamsuddin Hasan)

Menurut dia, "Bumi Murakata" HST juga cocok atau memungkinkan untuk pengembangan perkebunan/budidaya tanaman anggur, sehingga bukan saja buat menumbuhkembangkan komoditas tersebut, tapi bisa menunjang ekonomi kerakyatan.

Guna pengembangan budidaya anggur tersebut, dia juga menyediakan bibit tanamannya serta pupuk, terutama bagi yang membutuhkan.

Bibit yang dia datangkan dari Pulau Jawa itu cukup beragam seperti jenis "Ninel" dan "bencana" baik berupa anggur hijau serta merah dengan harga rata-rata Rp100.000/stek.

Ikon agro wisata anggur Desa Awang Besar (sekitar tiga kilometer dari Barabai) tersebut buat sementara ramai pengunjung berswafoto dengan menyisihkan uang receh yang sekaligus untuk jasa parkir kendaraan bermotor.
Ikon agro wisata anggur Desa Awang Besar, Kecamatan Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, sekaligus tempat mengedukasi pengunjung. Foto 16 Juli 2022. (Syamsuddin Hasan)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022