Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menjadi juara umum cabang olahraga atletik Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-13 Politeknik se-Indonesia di Banjarmasin dari 14--20 Juli 2022.

Cabang atletik di gelar di Stadion Demang Lehman Kabupaten Banjar, Poliban meraih 3 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu hingga Sabtu.

Poliban meraih medali emas pada atletik 1.500 meter putra atas nama Andreas Lesiano, atletik 5.000 meter atas nama Muhammad Asari dan atletik 800 meter atas Andreas Lesiano.

Sementara itu untuk medali perak atletik 1.500 meter diraih atas nama Muhammad Asari dan medali perunggu atletik 5.000 meter atas nama Halimatus Sadiah.

Untuk saat ini, Poliban berada diperingkat 2 klasemen sementara pada hari ketiga ini, yakni, 4 medali emas, 2 perak dan 5 perunggu.

Untuk urutan teratas klasemen sementara perolehan medali adalah Politeknik Negeri Sriwijaya dengan 16 medali emas, 5 perak dan 8 perunggu.

Peringkat tiga ditempati Politeknik Negeri Pontianak    dengan raihan 4 medali emas,    1 perak dan 6 perunggu.

Direktur Poliban Joni Riadi di Banjarmasin, Sabtu, menyampaikan rasa syukur kontingennya sebagai tuan rumah bisa bertengger diperingkat kedua klasemen sementara ini.

Dia pun menyatakan bangga terhadap atlet mahasiswanya di cabang olahraga atletik yang bisa meraih medali terbanyak.

"Alhamdulillah Poliban juara umum untuk cabang olahraga atletik dengan 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu," ujarnya.

Menurut dia, Poliban belum pernah mengirim atletik di perhelatan Porseni sebelumnya, sehingga tidak mempunyai peta kekuatan untuk cabang olahraga ini.

"Tentunya ini sangat mengejutkan,  Poliban bisa menjadi juara umum di cabang olahraga atletik, semoga Porseni berikutnya bisa kembali menjadi juara umum," ujarnya.

Menurut dia, Poliban menurunkan sebanyak 120 perwakilan untuk 13 cabang olahraga dan 7 cabang seni di Porseni ke-13 ini.

Dia pun menyampaikan, pada Porseni ke-13 ini dipertandingkan sebanyak 15 cabang olahraga dan 7 cabang seni.

Adapun 15 cabang olahraga, yakni, bola voli indoor, futsal, taekwondo, pencak silat, karate, panjat dinding, atletik, bola basket, bridge, bulutangkis, catur, E-sport, kempo, tenis meja dan bola voli pasir.

Kemudian sebanyak 7 cabang seni, yakni, fotografi, kaligrafi, karikatur, monolog, puisi, solo song dan stand up.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022