Ada keinginan sejumlah orang terutama yang tinggal di kawasan Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadikan kawasan itu menjadi sebuah kecamatan baru di Banjarmasin.

Keinginan tersebut setidaknya seperti yang diketengahkan tokoh masyarakat Sungai Andai, Masrani kepada Antara Biro Kalsel saat berada di kegiatan Maharagu Sungai, di wilayah Sungai Layung, Sungai Andai, Sabtu.

Menurut Masrani yang juga sering sebut goyunan sebagai bupati sungai andai tersebut menyebutkan berbagai alasan yang bisa merubah kelurahan Sungai Andai menjadi sebuah kecamatan baru di kota yang berjuluk seribu sungai ini.

Alasan tersebut, menurut Masrani karena perkembangan wilayah tersebut yang sangat cepat, yang tadinya hanya desa terpencil masuk kelurahan Sungai Jingah kemudian berkembang menjadi pemukiman baru yang pesat.

Setelah itu, kawasan tersebut menjadi kawasan yang padat penduduk sehingga segi jumlah penduduk sudah wajar menjadi sebuah kecamatan baru.

Selain itu, wilayah Sungai Andai yang berbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala ini memiliki lahan yang sangat luas yang tak masalah jika menjadi sebuah kecamatan, tambahnya

Dengan perkembangan tersebut sekarang sudah muncul isu baru Sungai Andai akan dimekarkan menjadi dua kelurahan, ketimbang menjadi dua kelurahan kenapa tidak sekalian menjadi sebuah kecamatan saja, tambahnya seraya berkelakar dengan gelaktawa yang khas itu.

Kalau dijadikan kecamatan tinggal menambah berbagai fasilitas pemerintahan kecamatan saja lagi, dan itu ditaksir tak terlalu sulit bagi Pemkot Banjarmasin.

Sementara berdasarkan data jumlah penduduk sungai hampir 35 ribu jiwa, dan empat rukun warga (RW) ada empat, sert rukun tetangga (RT)  65 dengan luas 664 hektare.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022