Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berencana mengikutsertakan tiga perwakilan negara dalam pameran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat nasional 2022 pada Oktober nanti. 

Kepala Dinas Perdagangan Birhasani selaku Koordinator Bidang Pameran mengungkapkan, perwakilan negara tersebut nantinya dibawa oleh event organizer (EO) sebagai penyelenggara. 

"EO ini wajib bisa mengikutsertakan peserta luar negeri. Pengusaha boleh, atas nama negara boleh," ujarnya, Kamis, di Banjarmasin. 

Mendatangkan tiga negara untuk ikut serta dalam pameran MTQ Nasional di Kalsel, kata dia, adalah salah satu syarat wajib bagi para EO apabila ingin terpilih sebagai penyelenggara. 

Beberapa waktu lalu, kata dia, pencarian EO sebagai pelaksana pameran sudah dibuka secara nasional, dan saat ini telah didapat lima pendaftar. 

"Diperkirakan dia (EO) sanggup mendatangkan peserta dari luar negeri. Dia harus punya jaringan, pameran ini kalibernya internasional bukan nasional lagi," ujarnya. 

Saat ini, kata Birhasani, kelima EO yang menyandang nama besar di Indonesia itu tengah menjalani proses seleksi. 

"Tim seleksi sudah dibentuk, dan belum diumumkan siapa yang terpilih. Masih dalam penilaian. Ada lima EO dari luar Kalsel dan dalam Kalsel. Pendaftaran sudah di tutup," ujarnya. 

Selain memiliki konsep yang bagus, bagi EO yang memberikan diskon terbanyak untuk pembelian bazar bagi pelaku UMKM Kalsel akan mendapatkan nilai lebih dari tim penyeleksi. 

"Nantinya, bagi yang ingin menempati bazar akan membayar kepada EO yang menyelenggarakan," ujarnya. 

Lokasi pameran, kata dia, memiliki dua alternatif, yaitu di Taman Cahaya Bumi Selamat dan Ruang Terbuka Hijau Martapura atau di Lapangan Murjani Banjarbaru. 

"Masih dilakukan evaluasi, mana yang lebih tepat dan berdampak untuk kemajuan perekonomian daerah," ujarnya. 

“Nantinya kita siapkan juga bazar khusus halal food yang berisi makanan dan minuman produk yang sudah memiliki sertifikat halal,” sambungnya. 

Harapannya, MTQ Nasional dapat memberi dampak ekonomi bagi masyarakat, juga turut serta membantu menyukseskan kegiatan besar di Kalsel tersebut. 

Diinformasikan Birhasani, pelaksanaan MTQ Nasional tersebut rencananya dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri oleh undangan kedutaan dari negara-negara sahabat. 
 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022