Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Tanah Laut menggelar Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana (Genre) Tingkat Kabupaten 2022.

Staf Ahli Bupati Tanah Laut Bidang Kemasyarakatan dan SDM Husein Irianta mengatakan, pemerintah kabupaten menaruh perhatian terhadap perkembangan generasi muda pada zaman yang semakin maju. 

Menurut dia, tantangan sangat besar dalam hal pergaulan tentu menimbulkan kekhawatiran bagi setiap orangtua agar anaknya tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif.

"Adik-adik peserta diharapkan dapat mengikuti jambore ini dengan sungguh-sungguh. Jadilah generasi muda yang memiliki semangat dalam mewujudkan cita-cita yang besar. Buatlah bangga orang tua yang selama ini menyayangi kita," ujarnya, sebelum membuka Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana (Genre) Tingkat Kabupaten Tahun 2022,  dari tanggal 13 hingga 14 Juli 2022, di Balai Diklat Bina Praja Pelaihari, Rabu (13/07/2022).

Menghadapi 100 tahun Indonesia merdeka pada 2045 nanti, sebut dia, akan ada bonus demografi yang akan dialami bangsa ini. 

Dengan kondisi kelompok penduduk usia produktif jauh lebih besar dari kelompok lainnya,  sebut dia, maka Genre diharapkan mampu berperan secara maksimal bagi Indonesia, khususnya Tanah Laut.

"Bonus demografi ini akan menjadi berkah bilamana generasi muda benar-benar produktif dan turut aktif dalam pembangunan. Tapi, bila generasi muda justru pasif, bahkan terjerumus dalam pergaulan negatif, bonus demografi hanya akan menjadi bencana tidak hanya bagi daerah, tapi juga negara," terangnya.

Terpisah, salah seorang peserta dari perwakilan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Lentera Kecamatan Bajuin Ahlul Nazar mengatakan, dirinya senang dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Dia berpesan kepada adik-adik peserta agar selalu percaya diri, tidak malu mengutarakan pendapat dan selalu berkreativitas.

"Kegiatan ini cukup asyik. Ulun (saya) berharap kegiatan ini berlanjut pada tahun depan, karena dapat menjadi ajang kreativitas dan menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta," kata Nazar yang juga pernah mengikuti kegiatan serupa pada 2019 lalu.

Dalam menunjang kegiatan tersebut, DP2KBP3A  mengundang narasumber di antaranya dr I Made Gede Darma Susila dengan materi Program Genre dalam Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja.

Selain itu,  narasumber AKBP Katamsi Sad Retna Setiawan selaku Kepala BNNK Tanah Laut dengan materi Bahaya Narkoba bagi Anak dan Remaja serta Sukma Jaya selaku Duta Genre Kalsel 2019 dengan materi Delapan Fungsi Keluarga Untuk Remaja Yang Lebih Ceria dan Genre Sebagai Senjata Remaja Masa Depan.

Selain mendapatkan materi, peserta juga mengikuti berbagai macam perlombaan untuk mengasah kreativitas dan menumbuhkan kepercayaan diri mereka.
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Tanah Laut menggelar Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana (Genre) Tingkat Kabupaten Tahun 2022.Foto,:Antaranews Kalsel/HO-Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022