Pangkalpinang, (Antaranews Kalsel) - Menjelang Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan melintasi Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ternyata juga berdampak terhadap kamar hotel di Pangkalpinang yang sudah banyak dipesan.


"Sejak Januari 2016 pemesanan kamar dari wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara sudah mulai banyak bahkan saat ini sudah separuh jumlah kamar hotel kita sudah dipesan," kata kuasa dan penanggungjawab Hotel Menumbing Pangkalpinang, Supriadi di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, dari 60 kamar yang ada di Hotel Menumbing, sudah sekitar 30 kamar dipesan turis lokal dan asing serta para tim riset yang sengaja untuk melakukan penelitian terhadap fenomena GMT.

"Pemesanan kamar didominasi tim riset dari luar daerah dan luar negeri dibandingkan wisatawan yang akan belibur," katanya.

Ia mengatakan, banyaknya pemesanan kamar ini tidak luput dari upaya pemerintah dalam mempromosikan GMT ke luar daerah hingga luar negeri.

"Semenjak pemerintah mulai gencar mempromosikan GMT ini, pemesanan kamar juga ikut meningkat sebab kebanyakan wisatawan tidak ingin melewatkan fenomena langka ini," katanya.

Menurut dia, GMT ini akan mendorong perkembangan pariwisata Babel sehingga dengan sendirinya akan turut memberikan efek positif terhadap kemajuan hotel.

"Kita akan memberikan promo, pelayanan dan suguhan yang menarik kepada tamu hotel pada saat GMT nanti guna memberikan kesan terbaik bagi tamu sehingga membuat mereka selalu ingin ke Babel khususnya Pangkalpinang," ujarnya.

Ia berharap, melalui GMT ini dapat menyerap para wisatawan lokal dan mancanegara semaksimal mungkin.

"GMT ini juga menjadi ajang promosi pariwisata Babel dan kami sebagai pihak hotel sangat mendukung itu," katanya./f

Pewarta: Kasmono

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016