Di sela kegiatannya membuka rapat stunting di wilayah Daha, Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan ( HSS) Syamsuri Arsyad meninjau proses peningkatan Jalan Lingkar Selatan yang sebelumnya terkena banjir.

Ia mengatakan, peninjauan ini dilakukan guna memastikan pelaksanaan pembangunan berjalan dengan baik, peningkatan jalan dengan menambah tinggi jalannya hingga ada yang mencapai satu meter, tentunya jalan masuk ke rumah warga juga ikut tinggi.

Baca juga: Bupati tanam pohon peringati hari lingkungan hidup

"Jalan Lingkar Selatan di Negara ditinggikan untuk antisipasi banjir, karena kondisi jalan terendam banjir pada saat musim hujan, dengan ditinggikan tentunya jalan-jalan ke rumah warga juga menjadi tinggi,” katanya, Senin (4/7) kemarin.

Dijelaskan dia, beberapa warga yang ditemuinya mengucapkan terimakasih dengan adanya peninggian jalan ini, mereka pun bersedia melakukan pengurukan sendiri di depan rumah.

Baca juga: Wabup HSS monitoring tiga proyek infrastruktur pastikan sesuai rencana

Menurut dia, karena jalan yang baru dibangun ketinggiannya dibanding rumah mereka bervariasi, maka bagi yang posisi jalan dari halaman tinggi mereka siap menguruk sendiri.

"Sementara di tahun 2023 akan kita programkan lagi untuk sisa ruas jalan sekitar 50 meter yang tidak terlaksana tahun ini. Kita berharap dengan peninggian jalan ini berkaca dari tingginya banjir yang lalu, bila kembali terjadi banjir tidak akan merendam jalan lagi," katanya.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022