Warga transmigrasi nelayan yang tinggal di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, dilatih untuk mengembangkan usaha peternakan kambing.

"Pelatihan ini digelar dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkesinambungan, sekaligus untuk menumbuhkan usaha perekonomian warga masyarakat transmigrasi di "Bumi Bersujud"," kata  Bidang Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Ina Yuliani di Batulicin Senin.

Ia meminta kepada warga transmigrasi nelayan khususnya yang tinggal di Kecamatan Angsana agar benar-benar serius dalam membangun usaha guna memenuhi kehidupan yang mandiri serta kreatif dalam menopang perekonomian keluarga. 

"Para peserta diharapkan dapat memahami dan bisa mengembangkan usaha budidaya ternak kambing tersebut," ujar Ina.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan  bantuan obat-obatan dan hewan ternak kambing sebanyak sepuluh ekor.
 
Sementara itu, Kabid Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tanah Bumbu, Pati Raja Wani menyampaikan tentang Kebijakan Transmigrasi oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui paradigma baru.

Ada lima kebijakan, yaitu  mendukung ketahanan pangan dan kebutuhan papan, melalui upaya peningkatan produktivitas lahan, mendukung kebijakan energi alternatif di kawasan transmigrasi,  mendukung ketahanan nasional yaitu mengintegrasikan permukiman transmigrasi dengan masyarakat sekitar.

"Selanjutnya, mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi/investasi dan pemerataan pembangunan, serta menunjang penanggulangan kemiskinan dan pengangguran," pungkas Pati Raja Wani.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022