Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru bagi para CPNS di lingkungan kanwil tersebut, Jumat (1/7). Kegiatan ini bertemakan Visitasi Kepemimpinan Individu Dalam Penguatan Kejujuran, Religius, Nasionalis dan Pengabdian melalui Pendekatan Budaya bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Lilik Sujandi selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menyampaikan kunjungan yang di Museum Lambung Mangkurat ini bertujuan untuk melakukan pendekatan kebudayaan guna menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang penuh dengan nilai kejujuran, religius, nasionalis dan pengabdian yang solid bagi setiap CPNS. 

"Banyak hal yang bisa kita gali dari museum terkait kebudayaan di Kalimantan Selatan. Ini sangat penting bagi kita semua untuk mengenal lebih dekat sejarah dan kebudayaan tempat kita bertugas agar pelayanan yang kita berikan dapat berjalan dengan baik," ucapnya. 

Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Muhammad Taufik Akbar selaku Kasubbag Tata Usaha yang mewakili Kepala Museum Lambung Mangkurat. Taufik mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Kanwil Kemenkumham Kalsel yang begitu memperhatikan kebudayaan dan museum sebagai modal awal untuk bertugas di Kalimantan Selatan. 

"Kita sangat apresiasi, ini menjadi kedatangan kedua kali bagi Kakanwil Kemenkumham Kalsel dan hari ini bersama dengan para CPNS kita akan belajar bersama tentang budaya Banjar bersama Pamong Budaya Museum Lambung Mangkurat," ucapnya. 

Turut memberikan materi terkait integritas dan kejujuran sebagai ASN perwakilan Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, Dwi Ari Wibowo yang memaparkan poin-poin dalam PP Nomor 94 Tahun 2021 dan UU Nomor 5 Tahun 2014. 

Pada kesempatan ini Kakanwil juga mengapresiasi 3 (tiga) orang CPNS Rutan Rantau yang selama tiga bulan bertugas berhasil mengungkap peredaran narkoba saat melakukan pemeriksaan dan pengeledahan di blok narapidana. Atas keberanian dan integritas yang ditunjukkan oleh 3 CPNS Rutan Rantau Lilik Sujandi memberikan penghargaan kepada ketiganya sebagai CPNS Inspiratif. 
Lilik Sujandi selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan saat kunjungan bersama CPNS di Museum Lambung Mangkurat. (ANTARA/Firman)


Lilik berpesan kepada seluruh CPNS yang mengikuti kegiatan ini untuk selalu merasa cukup dan tidak mengejar kekayaan. 

"Rasa syukur, itu adalah kunci integritas sebagai ASN agar tidak terjebak dalam situasi amoral. Selalu bersyukur dan buat diri anda memiliki harga," ucap Lilik. 

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan 27 CPNS yang berasal dari Kanwil dan UPT se-Banjar Raya yang dipandu oleh Pamong Budaya untuk melihat warisan kebudayaan Banjar yang dipamerkan di Museum Lambung Mangkurat. 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus, Pejabat Administrator, Kepala UPT dan jajaran.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel luncurkan 7 poin perilaku insan Pengayoman
Baca juga: Kemenkumham Kalsel audiensikan kiat menjadi LBH berkualitas
 

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022