PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS) akan memberikan reward atau penghargaan bagi Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) binaan di wilayah mereka masing-masing agar zero atau tidak ada Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), hingga musim kemarau berakhir.

Administratur PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS), Dhimas Angraetna, di Kalumpang, Kamis (30/5), mengatakan reward ini akan diberikan bagi KTPA dalam bentuk barang, yang peruntukannya untuk menunjang operasional mereka dan ini sudah dilakukan dua tahun terakhir.

Baca juga: Pencabutan larangan ekspor CPO disambut petani dan perusahaan di daerah

"Seperti ada bantuan dalam bentuk jukung atau perahu, yang nilai nominalnya sekitar Rp9 juta. Untuk kita di PT SLS memiliki sembilan KTPA binaan dan termasuk sudah diterbitkan SKnya yang baru oleh Dinas Perkebunan Kalsel," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, reward ini juga menjadi bagian dari upaya perusahaan melibatkan partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla, disamping sebelumnya telah memberikan bantuan hibah alat pemadam untuk masing-masing KTPA.

Pihaknya bersyukur hingga saat ini tidak ada titik api yang ditemukan walau intensitas hujan memang menurun namun kondisi cuaca masih aman, tapi ini tentu tidak mengurangi kewaspadaan bersama akan munculnya potensi karhutla.

Baca juga: Normalisasi Sungai Amandit Lama peran PT SLS antisipasi banjir

Dalam waktu dekat perusahaan akan melaksanakan pelatihan untuk Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (TKTD) dengan mengikutsertakan KTPA, langkah pendahuluan kegiatan ini telah dilakukan dengan melakukan silaturrahmi dan koordinasi.

"Susunan personil TKTD juga telah diperbaharui, masing-masing bidang bergerak untuk melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing, seperti di logistik dan teknis dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022