Kinerja Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kalimantan Selatan diganjar penghargaan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Selamat kepada Ditreskrimsus dan Ditreskrimum atas penghargaan yang diterima, tentu ini menjadi kado manis menyambut HUT ke-76 Bhayangkara pada 1 Juli 2022," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto di Banjarmasin, Rabu.

Rikwanto mengakui penghargaan Kapolri tersebut sangatlah membanggakan mengingat Bareskrim Polri telah memberikan penilaian yang sangat ketat kepada para penerima penghargaan karena indikatornya cukup banyak.

Kapolda menyebut penilaian tim Bareskrim yang turun ke Polda-Polda cukup kompleks, tidak hanya pada data kuantitas jumlah Laporan Polisi (LP) dan pengungkapan. Namun mencakup pula survei kepuasan masyarakat atas penanganan kasus, perilaku penyidik hingga informasi komplain masyarakat atas pelayanan. 

Diketahui piagam penghargaan diberikan sesuai dengan Surat Perintah Kapolri Nomor 2592 tanggal 27 Oktober 2021 tentang Tim Pokja Penilaian Kinerja Reserse Kewilayahan.

Kapolri secara langsung menyerahkan penghargaan saat Rakernis Bareskrim Polri Tahun 2022 di Hotel The Westin, Nusa Dua Bali pada Senin (6/6) hingga Kamis (9/6) lalu. 
Kombes Pol Suhasto dan Kombes Pol Hendri Budiman menunjukkan penghargaan Kapolri. (ANTARA/Firman)


Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Pol Suhasto mengatakan pencapaian prestasi itu tidak lepas dari kinerja anggota mengoptimalkan pelayanan penegakan hukum.

Mengacu program prioritas Kapolri dan transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan), Suhasto mendorong anggotanya pada semua Sub Direktorat dapat memaksimalkan kinerja sejalan dengan harapan masyarakat.

Apalagi Ditreskrimsus telah mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sehingga dinilai telah memenuhi kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima.

"Tentu penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Kalimantan Selatan mewujudkan pelayanan lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat," ucap Suhasto.

Senada disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel Kombes Pol Hendri Budiman yang mengaku bersyukur kerja keras seluruh anggotanya berbuah penghargaan Kapolri tahun ini.

"Terima kasih kepada seluruh anggota yang telah berusaha menunjukkan kinerja maksimal sejalan dengan semangat Polri yang Presisi," katanya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022