Adaro Minerals Indonesia melalui anak perusahaan PT Maruwai Coal menerima penghargaan CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022 di JS Luwasana Hotel & Convention Center, Kamis (23/6).

Melalui Program Adaro Tani Sejahtera - Pertanian Terintegrasi Partisipatif di BUM Desa Batu Batuah, PT Maruwai Coal terpilih menjadi salah satu pemenang terbaik yang mendapatkan Silver Award pada kategori BUM Desa.

“Penghargaan yang diraih ini diharapkan menjadi pemicu semangat bagi BUM Desa yang ada di wilayah operasional Adaro Minerals untuk makin baik dalam melaksanakan program-programnya sehingga menjadi solusi mengurangi angka kemiskinan di desa.

 Apalagi desa diharapkan menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi di masa pandemi” ungkap Comdev Section Head Sri Armiyati Jarkasi.

Lebih lanjut ia mengatakan bagi PT Maruwai Coal penghargaan ini menjadi penyemangat untuk membuat program-program CSR yang inovatif dan bersinergi dengan program pemerintah.

“Kemandirian desa adalah goal dari program CSR yang dijalankan oleh perusahaan selama ini," pungkasnya. CSR & PDB Awards 2022 merupakan kerjasama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dengan Indonesia Social Sustainability (ISSF).

 Mengusung tema “Kontribusi Perusahaan untuk Percepatan Pembangunan Desa dalam Pencapaian SDGs Desa melalui Pengembangan BUM Desa/BUM Desa Bersama dan Program CSR Lainnya”.

Tahun ini CSR & PDB Awards diikuti sebanyak 63 peserta baik dari perusahaan swasta maupun BUMN dan satu Yayasan dengan usulan program sebanyak 88 program.

Selain penilaian yang berkaitan dengan pencapaian SDGs Desa dan aspek lingkungan, juga memperhatikan kontribusi terhadap kegiatan sosial budaya masyarakat dari keuntungan yang diperoleh hingga peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes), agar dapat menjadi contoh bagi BUMDes lainnya.

Badan Usaha Milik Desa Batu Batuah yang terletak di Desa Batu Tojah Kecamatan Barito Tuhup Raya Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah saat ini menjadi role model bagi desa-desa sekitarnya.

Program CSR perusahaan yang telah dilakukan pada BUM Desa tersebut diantaranya pengembangan budidaya tanaman nilam seluas 4 ha dan 0,5 ha vanili, pembangunanan pabrik penyulingan minyak atsiri (Nilam) serta pembangunan sistem irigasi perpipaan dan pelatihan bagi anggota BUM Desa.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Pada penghargaan yang sama, perusahaan Adaro group lainnya yaitu PT Adaro Indonesia juga mendapatkan Silver Award pada program Desa MAMANDA (Masyarakat Mandiri Berdaya) dan Program Kampung Asri.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Desa didampingi ketua ISSF dan juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin.

“Penghargaan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi kepada BUMN ataupun swasta untuk mendukung pengembangan BUM Desa melalui program CSR” tutur Wapres K.H. Ma'ruf Amin.

Lebih lanjut Ia berharap BUMN dan swasta terus mengembangkan program CSR dengan memotivasi masyarakat untuk menciptakan inovasi-inovasi yang mendukung pengembangan desa.

“Dukungan BUMN dan swasta untuk memberdayakan BUMDes diharapkan dapat mempercepat pembanguan ekonomi pedesaan pasca pandemi “ tutupnya.

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022