Beberapa monomental peninggalan Mendiang Bung Karno atau Presiden Pertama Republik Indonesia yang belum banyak masyarakat ketahui.

Di antara monomental lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Teknik Sipil itu Masjid Istiqlal Jakarta, Hotel Indonesia, Stadion Gelora Bung Karno, Tugu Monas dan lainnya.

Begitu juga karya-karya tulis Sang Proklamator dan arsitektur itu sejak mudanya antara Indonesia Menggugat, Di Bawah Bedera Revolusi, Sarinah dan banyak lagi pidato almarhum atau terakhir ketika menjadi Presiden RI yaitu "Jasmerah" (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).

Monomental dan karya-karya tulis Bung Karno tersebut sekarang masih ada, menjadi bahan studi banding bagi generasi kini, baik mereka yang sedang kuliah maupun terjun ke dunia politik.
Suasana sehabis shalat Maghrib berjemaah. (Syamsuddin Hasan)

Pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI) 4 Juli 1927 itu meninggal dunia 21 Juni 1970, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar haul ke-51 pada Kamis (23/6/22) malam.

Mengenang 51 tahun meninggal dunia Sang Proklamator Bung Karno di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Kalsel - Jalan A Yani km6 Banjarmasin itu didahului dengan shalat Maghrib berjemaah, baru tahlil dan kemudian shalat Isa.

Peringatan cukup sederhana dengan mengundang anak-anak yatim dan selaku imam shalat Ketua Nahdhatul Ulama (NU) Kalsel Dr H A Hasib Salim MAP yang juga anggota DPRD provinsi setempat dari PDI Perjuangan.
Suasana sehabis shalat Maghrib berjemaah. (Syamsuddin Hasan)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022