Pembukaan Piala KASAD Liga Santri Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tahun 2022 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) resmi dibuka di Lapangan Sepakbola Tebing Tinggi, Kecamatan Simpur.

Dandim 1003/HSS, Letkol Inf Nurliwedie Nurdin di Tebing Tinggi, Senin (20/6), mengatakan liga santri ini merupakan event yang pertama kali digelar, semua tim telah mempersiapkan para pemain yang akan bertanding.

"Kami berharap kegiatan ini menggairahkan sekaligus menumbuhkan minat olahraga seperti bola di masyarakat, khususnya para santri di wilayah Kabupaten HSS," katanya.
 
Pembukaan Liga Santri PSSI tahun 2022 di Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Dandim HSS launching Desa Tibung Raya ikon kampung Pancasila

Dijelaskan dia, dari hasil pertandingan di liga ini yang terbaik nanti akan mewakili HSS untuk mengikuti Piala KASAD Liga Santri PSSI tingkat provinsi, hingga terakhir tingkat nasional.

Selain itu, ia berharap dengan adanya event olahraga daerah, maka semangat masyarakat akan lebih tinggi menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) XI tahun 2022 di HSS. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada liga-liga lain, seperti Piala Bupati HSS, Piala Dandim, dan Piala Kapolres. Liga ini pun menjadi yang pertama kali digelar di Kabupaten HSS dengan pertandingan terbuka di masa pandemi COVID-19 mulai mereda.

Sekretaris Daerah (Sekda) HSS, H Muhammad Noor, mengatakan pemerintah daerah mendukung event yang digelar Kodim 1003/HSS, dan liga santri ini event pertama tingkat nasional yang digelar di HSS.
 
Pembukaan Liga Santri PSSI tahun 2022 di Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Tim bola voli Persit KCK cabang XXVI Dim 1003 raih juara

"Apalagi event ini menjelang Porprov Kalsel 2022, sehingga bisa ikut meramaikan ajang multievent, mudah-mudahan liga santri ini berjalan sukses dan lancar," katanya.

Sebelumnya, sekda didampingi dandim, Ketua PSSI HSS Mauladiani melakukan kick off pertandingan tanda dimulainya kompetisi yang kemudian dilanjutkan pertandingan mempertemukan Ponpes Baladul Amin dan Ibnu Mas'ud Putra.

Liga santri tingkat kabupaten ini diikuti total empat Ponpes, yakni dari Baladul Amin, Desa Mandala Telaga Langsat, Ibnu Mas'ud Putra, Ida Manggala, Sungai Raya, Raudhatul Amin, Gambah Dalam Kandangan, dan Tarbiyatul Furqan, Jambu Hilir, Kandangan.

Mereka mengikuti Piala KASAD Liga Santri PSSI tingkat Kabupaten HSS yang dilaksanakan selama tiga hari, dan yang memenangi pertandingan akan mewakili daerah dalam liga yang sama di tingkat provinsi.

Baca juga: 30 atlet dan pelatih berprestasi HSS terima voucher tahap II
 
Pembukaan Liga Santri PSSI tahun 2022 di Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022