Komandan Kodim (Dandim) 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS) Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan me-launching Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan sebagai ikon Kampung Pancasila.

Ia mengatakan, tujuan dibuatnya ikon Kampung Pancasila ini sebagai alat pemersatu bangsa, dengan membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat HSS.

"Di HSS terdapat banyak perbedaan di antaranya agama, suku serta adat istiadat dan agar bisa melaksanakan kembali apa saja yang sudah tertuang dan tercantum dalam butir-butir Pancasila," katanya, Rabu (13/4).
 
Dandim 1003/HSS, Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan (Antara/HO-Kodim 1003/HSS)


Baca juga: Tim bola voli Persit KCK cabang XXVI Dim 1003 raih juara

Dijelaskan dia, dengan dijadikannya Desa Tibung Raya Kampung Pancasila bisa menjadi contoh masyarakat luas dalam mengimplementasikan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu langkah pengamalan dari sila-sila Pancasila sendiri, dengan merajut Bhinneka Tunggal Ika mulai lapisan masyarakat bawah hingga tingkat atas.

"Pancasila merupakan nilai-nilai luhur bangsa yang menjadi karakter negara Indonesia, dan selanjutnya dijadikan sebagai dasar dalam bernegara, yang wajib dimengerti dan diamalkan oleh seluruh masyarakat," katanya.

Kehadiran kampung Pancasila diharapkan dalam mempererat hubungan antara komponen bangsa, agar tercipta kerukunan antar masyarakat yang terdiri dari beragam suku, agama, dan budaya.
 
Pengucapan ikrar Pancasila (Antara/HO-Kodim 1003/HSS)


Baca juga: Latihan PBB Babinsa Koramill Daha Utara untuk tanamkan jiwa nasionalisme

Juga bisa memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa, yang telah berhasil dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Desa Tibung Raya menjadi kampung Pancasila pertama yang d-ilaunching, sedangkan yang kedua ke depannya akan dilaksanakan di Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado.

Dalam acara launching yang dipimpin Bintara Pembina Desa Babinsa tersebut, seluruh perwakilan dari masyarakat bermacam macam agama, suku dan adat mengucapkan ikrar Pancasila yang diikuti seluruh tamu undangan.

Turut hadir, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto, perwakilan Disporapar HSS, Camat Kandangan Luthvie, para jajaran Danramil serta perwakilan masyarakat dari berbagai macam suku dan budaya yang ada di wilayah Kecamatan Kandangan.
 
Launching Desa Tibung Raya sebagai kampung Pancasila. (Antara/HO-Kodim 1003/HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022