Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H harga sayuran di Pasar Paringin melonjak naik hingga 50 persen dari biasanya.

"Iya benar mas, saat ini harga-harga sayuran dan lainnya memang mengalami kenaikan yang sangat drastis mencapai 50 persen dari harga pada biasanya," kata Misdi salah satu pedagang di Pasar Modern Adaro Paringin kepada ANTARA di Paringin, Senin.

Dia menjelaskan, sejumlah sayur seperti tomat juga naik menjadi Rp30 ribu dari harga sebelumnya Rp20 ribu per kilogram. Bawang merah semula Rp40 ribu kini naik menjadi Rp60 ribu per kilogramnya, sedangkan wortel tidak mengalami kenaikan harga yakni tetap Rp20 ribu per kilogramnya.

Menurut dia, kenaikan harga paling signifikan terjadi di sejumlah jenis cabai. Cabai rawit semula pada kisaran harga Rp100 ribu naik menjadi Rp150 ribu per kilogramnya, cabai keriting awalnya Rp50 ribu naik menjadi Rp90 ribu per kilogramnya dan cabai tiung dari Rp60 ribu naik Rp100 ribu per kilogramnya.

"Tentunya kami sangat mengeluhkan keadaan ini, karena para pembeli berkurang dari sebelumnya. Ini saja kami menjual dengan keuntungan yang tipis," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Kabupaten Balangan, Aidinnor mengungkapkan bahwa hal tersebut memang menjadi keluhan masyarakat serta para pedagang di pasar-pasar.

"Tentunya kami akan menindaklanjuti hal ini, kami masih berkoordinasi dengan pihak provinsi dan menunggu langkah-langkah kebijakan dari pusat," ungkap Aidinnor.

Terakhir ucapnya, tim monitoring juga sudah turun ke semua pasar yang ada di Balangan untuk mendata harga-harga komoditi yang mengalami kenaikan saat menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H ini.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022