Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad, yang juga selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) HSS, membuka verifikasi lapangan penilaian kinerja pemerintah dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan Stunting di HSS.

Verifikasi dilakukan Tim Penilai Percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), di Pendopo Kabupaten HSS.

"Pemkab HSS terus berusaha konsisten melakukan berbagai upaya menekan angka stunting, dan sejak tanggal 24 Maret lalu dibentuk tim ini," kata wabup saat memberikan sambutan membuka kegiatan, Jum'at (17/6).

Baca juga: Pemkab HSS laksanakan pendampingan "active service" ternak kerbau

Dijelaskan dia, telah dilakukan strategi percepatan penurunan stunting dengan berbagai aktivitas untuk aksi percepatan penurunan stunting, seperti peningkatan kualitas penyiapan kehidupan berkeluarga, memperbaiki pola asuh dan pemenuhan asupan gizi.

Sinergitas hari ini menjadi syarat mutlak, apa yang dilakukan hari ini, semua harus turun mengkampanyekan stunting. Kalau memang itu perilaku, berarti harus mengajak orang tuanya lebih perhatian dengan anaknya.

Dan apabila kalau berkenaan dengan kemiskinan, apakah kebutuhan sehari-hari atau sanitasi dan lain sebagainya, pendekatan secara agama juga sangat penting.

"Kami mengajak kepada yang berhadir untuk benar-benar secara terbuka mencari solusi, dan mencari jalan yang paling mungkin dilakukan untuk pencegahan stunting," katanya.

Setelah sambutan dan dibukanya kegiatan ini, dilanjutkan dengan Pemaparan Pelaksanaan Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten HSS oleh Kepala Bappelitbangda HSS, M. Arlian Syahrial.
Baca juga: Pemkab HSS dukung pemilu 2024 dari teknis dan anggaran

Kemudian Perencana Ahli Madya Bappeda Provinsi Kalsel, Rahmadi sebagai Perwakilan Tim Penilai Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalsel, memberikan arahan sekaligus penilaian dan tanya jawab.

Kegiatan ini merupakan sinergitas Pemprov Kalsel dan Pemakb HSS bertujuan untuk memverifikasi lapangan melalui delapan aksi konvergensi, upaya mengevaluasi usaha penurunan dan pencegahan stunting.

Turut hadir, Ketua TP-PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua TP PKK HSS, Srie Astuti, serta pengurus TP PKK HSS lainnya, para kepala perangkat daerah, para camat, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, para kepala puskesmas, serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022