Kepala Dinas PPKBPPA Hulu Sungai Selatan Dian Marliana di Kandangan mengatakan pihaknya sudah menyiapkan seluruh SKPD untuk bisa mengintegrasikan kegiatan di Desa Tambingkar, Kecamatan Kalumpang. Ini merupakan desa percontohan untuk peningkatan kualitas keluarga.

Dalam kerangka itu, Tim Pendamping Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas PPKBPPPA HSS melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (PK2D) Tingkat Provinsi Kalsel 2022 di dinas setempat.

"Rapat ini juga kita lakukan untuk mengetahui dan sinkronisasi kegiatan SKPD dalam peningkatan kualitas keluarga pada desa percontohan, yaitu Desa Tambingkar," katanya, Selasa (14/6) kemarin.

Saran dari tim provinsi untuk Desa Tambingkar, katanya, Tambingkar termasuk desa yang baik, namun masih ada beberapa permasalahan diperbaiki dalam rangka peningkatan kualitas keluarga.

Baca juga: Pencegahan stunting di HSS dimulai dari pendampingan calon pengantin

Akan ada intervensi rencana aksi dari perangkat daerah (PD) dan organisasi wanita di daerah untuk bersama-sama melangkah dan melaksanakan kegiatan di Desa Tambingkar.

Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga, khususnya untuk perempuan dan anak, supaya mereka bisa hidup, tumbuh, dan berkembang dengan baik, selain itu agar bisa terpenuhi semua kebutuhan dasarnya.

“Harapan kami Desa Tambingkar ini sebagai lokasi fokus (lokus) untuk PK2D. Kami berharap aparat desa dan masyarakat sama-sama meningkatkan kualitas keluarga di desa, semoga jadi desa percontohan bagi desa-desa lain yang ada di HSS," katanya.

Adapun rakor merupakan pembinaan awal atau evaluasi dari TPK2D provinsi terhadap desa pilot project, yaitu Desa Tambingkar, di Kecamatan Kalumpang.

Baca juga: Dinas PPKBPPPA HSS sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan

Kepala Bidang KHPK DPPPA Kalsel mengatakan rakor ini untuk mengoordinasikan pelaksanaan pembangunan peningkatan kualitas keluarga, menyampaikan hasil penghitungan pengisian kualitas lokus melalui google form, mengetahui profil desa lokus, kegiatan peningkatan kualitas keluarga, kondisi kualitas keluarga, dan indeks ketahanan keluarga di desa.

"Serta untuk mengetahui permasalahan, dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan, dalam rangka peningkatan kualitas keluarga di desa,” katanya.

Turut hadir, Camat Kalumpang, Kepala Desa Tambingkar, Sekretaris TP PKK HSS dan pengurus, perwakilan dari GOW serta instansi terkait lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022