Pelaksana tugas Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi melepas keberangkatan sebanyak 160 orang calon haji yang pada Rabu (15/6) sore akan bergabung dengan kelompok terbang (kloter) tiga bersama jamaah calon haji (JCH) Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, dan Tapin.

Pelepasan keberangkatan JCH HSU melalui acara seremonial di ruang induk Mesjid Raya At Taqwa Amuntai turut dihadiri Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, Ketua MUI dan Kemenag, sejumlah pejabat dan alim ulama.

"Setelah dua tahun tidak terlaksana akibat pandemi COVID-19, alhamdulillah tahun ini  keberangkatan haji  bisa dilaksanakan atas keputusan Pemerintah Indonesia bersama Arab Saudi," ujar Husairi di Amuntai, Selasa (14/6/22).

Tangis haru mewarnai suasana pelepasan JCH oleh teman dan kerabat calon haji yang rela berdesak-desakan melepas keberangkatan menuju Asrama Haji Banjarbaru.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi didampingi Ketua DPRD HSHSU Almien Ashar Safari  saat bersalaman dengan jamaah calon haji HSU di ruang Induk Mesjid Raya At Taqwa Amuntai,Selasa (14/6/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Sebelum dilepas keberangkatannya, JCH HSU  dikumpulkan di ruang induk Mesjid Raya untuk mendapatkan pembekalan tahap akhir agar JCH  berhasil melaksanakan ibadah haji dan kembali pulang ke tanah air dengan selamat.

"Untuk HSU biasanya setiap tahun mendapatkan kuota 350 calon haji, namun karena masih suasana pandemi COVID-19, HSU hanya mendapatkan kuota 160," kata Husairi.

Tak lupa, ia berpesan agar JCH selalu menjaga kesehatan, baik secara fisik dan mental selama menjalankan ibadah di tanah suci.

Selain itu, lanjutnya, tetap menjaga kekompakan dan saling tolong menolong selama berada di tanah suci nanti.

"Fokuslah beribadah selama di tanah suci nanti, jangan sampai terganggu hal-hal yang tidak perlu." pesannya.

JCH HSU diberangkatkan menggunakan empat buah bus dari Masjid Raya At-Taqwa menuju Asrama Haji Banjarmasin dan dilepas langsung oleh Plt Bupati HSU beserta unsur Forkopimda.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika HSU H Adi Lesmana mengatakan, proses pemberangkatan JCH HSU hingga masuk Asrama Haji disiarkan secara langsung (live) oleh crew Kominfo TV hingga bisa disaksikan secara live streaming di Channel YouTube dan juga siaran langsung di Kominfo TV di Amuntai dan sekitarnya.

"Barangkali ada keluarga jamaah calon haji yang tinggal di daerah lain bisa menyaksikan di channel YouTube," katanya.
Jamaah Calon Haji HSU tiba di Asrama Haji Banjarbaru,Selasa (14/6/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

JCH HSU tiba dan memasuki Asrama Haji Banjarbaru pukul 15.00 Wita dan kembali mendapat arahan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Seraya kembali dilakukan pemeriksaan kesehatan, pemberian dokumen serta kelengkapan lainnya serta melengkapi surat-surat. Selanjutnya panitia membantu dan mengarahkan jemaah menuju gedung asrama yang sudah ditentukan.

Jemaah akan dikarantina selama 24 jam di Embarkasi Banjarmasin. Besoknya, Rabu (15/6/2022) jemaah akan diberangkatkan ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin untuk diterbangkan menuju Mekkah.

Baca juga: Jama'ah calon haji siap diberangkatkan

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022