Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Dinas Pasar, Kebersihan dan Tata Kota (DPKT) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan masih belum bisa memaksimalkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Tebing Lereng karena belum dialokasikan anggaran perbaikan fasilitasnya.


Kepala Bidang Kebersihan Najeriansyah di Amuntai, Jum'at mengatakan usulan anggaran Rp400 juta yang diantaranya bagi perbaikan fasilitas TPA belum diakomodir di APBD 2016.

"Kita usulkan anggaran perbaikan fasilitas TPA yang rusak seperti jembatan timbang, mesin pencacah sampah dan lainnya namun belum di akomodir di APBD 2016," ujar Najeriansyah.

Najerianyah mengatakan usulan anggaran Rp400 juta selain bagi perbaikan fasilitas mesin dan peralatan di TPA juga diperuntukan bagi penambahan petugas kebersihan. penambahan bank sampah dan peningkatan kegiatan kebersihan lainnya.

Ia mengatakan aliran listrik sebenarnya sudah masuk ke kawasan TPA di Desa Tebing Lereng Kecamatan Amuntai Utara pada tahun kemaren guna mengoperasionalkan peralatan di TPA, namun kini terkendala anggaran perbaikan lagi.

Sejak 2007 aliran listrik belum masuk ke kawasan TPA sehingga berbagai fasilitas mesin dan peralatan banyak yang rusak.

Najeriansyah berharap anggaran untuk perbaikan mesin dan peralatan di TPA di Desa Tebing Lereng ini bisa dialokasikan pada APBD Perubahan Agustus 2016 meski idealnya dianggarkan awal tahun jika mengejar target Piala Adipura.

Ia mengatakan keberadaan TPA memiliki poin penilaian tertinggi pada penilaian Adipura yang mulai dilaksanakan April nanti.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016