Kepengurusan baru Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) masa bakti tahun 2022-2027 resmi dilantik di pendopo kabupaten setempat.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad dilantik sebagai Ketua Kwarcab, serta Iwan Friady juga dilantik sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka HSS.

"Kami berharap para pengurus yang dilantik pada hari ini dapat memberikan sesuatu yang berarti untuk Gerakan Pramuka," kata bupati dalam sambutan, Selasa (14/6).

Dijelaskan dia, sesibuk apapun para anggota harus dapat meluangkan waktu untuk kemajuan Gerakan Pramuka, terutama di HSS sesuai dengan ikrar yang telah diucapkan saat pelantikan.

Baca juga: Jambore cabang Pramuka HSS bakal digelar Juni 2022

Geliat Pramuka, termasuk di Kabupaten HSS sudah mulai terlihat, setelah dua tahun lebih pandemi COVID-19 menghalangi berbagai kegiatan.

Segala kegiatan tersebut terhalang karena segala hal yang berhubungan dengan Pramuka harus bersifat massal, dan harus ada kontak antara satu dengan yang lain.

"Oleh karenanya, kami sangat bersyukur karena pada saat ini pandemi COVID-19 sudah mulai landai sehingga membangkitkan lagi geliat semangat Gerakan Pramuka," katanya.

Menurut dia, tantangan semakin berat, sehingga pramuka harus berperan serta mengambil peran untuk menyiapkan generasi muda menjadi generasi yang tangguh, generasi yang siap, kuat, dengan berbagai persoalan-persoalan ke depan.

Baca juga: Lima organisasi kepemudaan dan olahraga di HSS terima dana hibah

Menjaga kekompakan karena pramuka tanggung jawab bersama, organisasi yang baik ialah organisasi yang bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan bersama, khususnya di internal.

"Kami mengajak seluruh anggota agar senantiasa bangga menjadi Pramuka, seluruh anggota yang dilantik hari ini supaya berkiprah dan memberikan kontribusi demi kemajuan Gerakan Pramuka di HSS," katanya.

Pelantikan dilakukan Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Karyono Ibnu Ahmad. 

Upacara pelantikan dihadiri Forkopimda dan jajaran Pemkab HSS, Ketua TP PKK HSS, pengurus GOW, unsur BUMN, BUMD, serta para jajaran pengurus Kwarda Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022