Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memberikan bantuan dana hibah kepada lima organisasi kepemudaan dan olahraga. Hibah diserahkan oleh Bupati HSS H. Achmad Fikry di Aula Ramu Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

Kepala Disporapar HSS Efran mengatakan lima organisasi menerima dana hibah dengan jumlah berbeda, sesuai dengan peruntukkan penggunaan dana.

"Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebesar Rp200 juta, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rp400 juta, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rp10 miliar," katanya, dalam laporan, Selasa (5/4).

Selanjutnya, National Paralympic Comite (NPC) Kabupaten HSS Rp1 miliar, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) HSS Rp220 juta.

Baca juga: Bupati HSS : Hibah pembinaan bintara remaja akan terus berlanjut

Dana hibah diberikan dengan tujuan agar program-program yang sudah dibuat berjalan untuk mendukung RPJMD HSS, serta pembinaan atlet untuk mempersiapkan Porprov XI dan Peparprov IV tahun ini.

Namun Bupati H Achmad Fikry mengingatkan bahwa dana ini merupakan dana pemerintah daerah yang harus dipertanggungjawabkan, dengan baik dan benar sesuai standar akuntansi pemerintah.

Dia mengatakan semakin banyak dana bantuan yang disalurkan, maka akan berbanding lurus dengan pergerakan roda organisasi. Struktur organisasi turut berperan, terutama bidang-bidang yang ada di organisasi, jangan hanya berkutat pada ketua, sekretaris, bendahara.

"Kami ingin organisasi di Kabupaten HSS bergerak dinamis, dengan melibatkan semua orang di organisasi," katanya.

Baca juga: Hibah barang milik daerah pemkab untuk Polres HSS diserahterimakan

Ia berharap dana yang diserahkan dapat dimanfaatkan dan dipertanggungjawabkan dengan baik, serta bisa mendorong program pemerintah daerah untuk bisa mempertahankan WTP ke-10 di tahun depan.

Ketua KONI HSS H. Rahmat Hidayat mengatakan dana hibah yang diberikan sebesar Rp10 miliar akan digunakan untuk membiayai program-program yang akan dilaksanakan, khususnya untuk menyukseskan ajang Porprov juga untuk meningkatkan prestasi olahraga di HSS.

"Semoga ini membawa hasil maksimal, seperti untuk prestasi para atlet dari Kabupaten HSS," katanya.

Turut hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. M. K. Saputra, Kepala BPKPD HSS H. Nanang FMN, Sekretaris Inspektorat, dan para ketua organisasi penerima dana hibah.

Baca juga: 390 PPPK guru tahap pertama dan kedua HSS terima SK
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022