Bupati Banjar Saidi Mansyur membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Banjar tahun 2022 yang digelar di Kecamatan Mataraman diikuti kafilah dari 20 kecamatan.
 
Pembukaan MTQ dilakukan bupati didampingi Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy, Ahad, ditandai pemukulan tarbang disaksikan Wakil Ketua DPRD Agus Maulana, Sekda Banjar M Hilman, Ketua LPTQ Masruri.
 
Pembukaan diawali pawai ta'aruf yang diikuti barisan kafilah dari 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar sebanyak 819 orang dan seluruhnya akan mengikuti lomba sejak tanggal 12 hingga 15 Juni 2022.
 
"Pelaksanaan MTQ XLV tahun ini sebagai salah satu realisasi program pemerintah daerah mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang Manis, Maju Mandiri dan Agamis," ujar Bupati Saidi.
 
Ia mengharapkan, MTQ kali ini tidak hanya sekedar seremonial tetapi ada dampak positif bagi peserta maupun masyarakat dan meminta orang tua mendidik dan membimbing anaknya membaca ayat suci Al Quran. 
 
"Jika anak-anak kita dekat dengan Al Qur'an, Insya Allah mereka akan dijauhkan dari hal-hal negatif yang banyak terjadi zaman sekarang dan mereka tidak terpengaruh dampak negatif telepon pintar," pesannya.
 
Di bagian lain, Saidi Mansyur juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkomitmen sehingga MTQ bisa terselenggara dan diharapkan mampu melahirkan kader yang berkiprah di nasional maupun internasional.
 
Ketua panitia yang juga menjabat Camat Mataraman Agus Hidayat mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada bupati dan LPTQ karena mempercayakan Mataraman sebagai tuan rumah MTQ tingkat kabupaten.
 
"Kita semua berdoa semoga MTQ tahun ini dapat melahirkan qori dan qoriah berprestasi dan mampu mewakili Kabupaten Banjar dalam MTQ tingkat provinsi maupun tingkat nasional," katanya.
 
Baca juga: Bupati apresiasi bakti sosial RS Pelita Insani
Baca juga: DPRD undang PT AM Intan Banjar jelaskan kenaikan tarif

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022