Sebanyak 45 peserta telah mendaftar dan siap berlaga menjadi Nanang Galuh Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tahun 2022.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Seksi Kesenian dan Kebudayaan Dinas Pendidikan HST Masruswian saat technical meeting di Auditorium Pemkab HST, Sabtu (11/6) .

Menurutnya, pemilihan Nanang Galuh HST sempat tak diselenggarakan selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 hingga akhirnya bisa dilaksanakan kembali tahun ini .

"Audisi tahap pertama akan digelar pada 18 Juni 2022," kata Masruswian.

Sejumlah 45 peserta yang terdaftat terdiri atas 27 laki-laki dan 18 perempuan. Pemilihan Nanang Galuh diadakan untuk memilih duta kebudayaan Bumi Murakata.

Sosok yang dicari adalah sosok generasi penerus yang berkepribadian luhur, sesuai dengan norma agama, berwawasan yang luas baik untuk mempertahankan nilai-nilai budaya dan adat istiadat dan mampu bermitra dengan pemerintah daerah sebagai duta kebudayaan.

Kata Masruswian, penilaian dalam ajang ini tidak hanya berorientasi pada penampilan secara fisik, melainkan juga terhadap karakter, kepribadian dan kecerdasan peserta, terutama mempunyai pengetahuan tentang seni dan budaya yang ada di Kabupaten HST.

"Ini bukan ajang gaya-gayaan, namun Nanang Galuh yang terpilih nanti diharapkan memang berkualitas dan akan menjadi figur bagi generasi muda lainnya dalam mengemban tugas sebagai duta seni dan budaya Banjar. Oleh karenanya ajang ini merupakan wahana untuk melestarikan budaya daerah," ujarnya.

Baca juga: Sekda HST ajak masyarakat beralih ke TV Digital
Baca juga: Sembilan guru dari HST ikuti lokakarya calon guru penggerak angkatan lima

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022