Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel Muhammad Yani mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk beralih dari TV Analog ke TV Digital.

"Saat ini Kementerian Kominfo RI telah melaksanakan Analog Switch Off (ASO) atau peralihan TV Analog ke TV Digital," katanya, Jum'at (10/6) di Barabai.

Ia menyebutkan, saatnya masyarakat yang masih menggunakan TV analog agar tetap bisa menerima siaran digital, maka perangkat TV harus diberi perangkat Set Top Box (STB).

"Masyarakat terlebih dahulu harus mengecek apakah perangkat TV nya sudah siap menerima siaran digital atau tidak," katanya.

Apabila sudah siap menurutnya, otomatis siaran langsung diterima. Namun, jika belum maka hanya perlu membeli perangkat tambahan bernama Set Top Box atau STB tadi.

Yani juga menjelaskan, kegunaan STB dalam menerima siaran digital. "STB adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan, pemerintah nantinya akan melakukan pembagian STB tahap I kepada masyarakat kurang mampu.

"Pembagian STB ini rencananya bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat yang memiliki ekonomi cukup atau tidak termasuk ke dalam daftar pembagian STB untuk membeli STB di toko elektronik terdekat, harganya sangat terjangkau mulai dari Rp150 ribu hingga Rp300 ribu," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat harus bersiap memasuki era baru dengan hadirnya ekosistem teknologi digital.

"Kepada masyarakat pada umumnya kami mengimbau dan mengajak agar bersama-sama kita mulai untuk bersiap diri berpindah dari siaran TV analog ke siaran TV digital," ajaknya.

Disebutkannya lagi, dengan menjadi bagian dalam migrasi TV digital, masyarakat ikut andil membantu pemerintah mempercepat transformasi digital.

"Melalui migrasi TV digital, pemerintah berupaya mendorong masyarakat untuk mewujudkan transformasi digital secara nasional sampai ke pelosok-pelosok daerah termasuk Kabupaten HST," tandasnya.

Siaran TV digital dituturkannya, memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, terutama bagi penggemar siaran televisi.

"Hal-hal yang lebih menarik dalam arti tontonan kepada masyarakat, bahkan masyarakat punya kesempatan ketika beralih ke digital memperoleh banyak channel yang bisa dipilih sesuai dengan apa yang menjadi perhatian untuk tontonannya" jelasnya.

#ASO #analogswitchoff #TVdigital #siarandigitalindonesia #ASO2022

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022