Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau Word Environment Day 2022, Senin (6/6/2022) di halaman Kantor Setdakab Batola dengan inspektur upacara Bupati Hj Noormiliyani AS.

Bupati yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, peringatan HLHS merupakan program PBB yang bernaung di bawah UNEP (United Nations Environment Programme) yang selalu menyerukan kelestarian lingkungan. 

Peringatan yang bertepatan 50 tahun perjalanan Konferensi Stockholm ini, tambahnya, telah meletakkan dasar pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan hidup. 

HLHS mengusung tema Only One Earth (Sustainably in Harmony With Nature) yaitu Satu Bumi untuk Masa Depan, lanjut bupati, merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilaku yang mempengaruhi alam, kelangsungan kehidupan, kesejahteraan manusia, dan makhluk hidup lain seperti tumbuhan maupun satwa. 

Karenanya, sebut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini, menjaga dan merawat lingkungan hidup, yang merupakan modal serta penyedia alokasi ruang, sumber daya alam, ekosistem serta perlindungan dari segala risiko dan bencana, merupakan keniscayaan.

Dia mengungkapkan, program inovasi penanganan sampah perkantoran akan diujicobakan di Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak, berupa pengumpulan sampah bekerjasama dengan para pengumpul sampah perumahan untuk dimasukan ke truk sampah.

Melalui program ini, dia berharap,  dapat menanggulangi tampukan sampah liar di sepanjang trotoar jalan protokol.

Peringatan HLHS di Batola ini juga dirangkai pemberian bantuan gerobak dan tempat sampah dari sejumlah perusahaan. Sedikitnya 23 gerobak dan 30 sempat sampah diterimakan Bupati di peringatan HLHS. 

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas bantuan gerobak, tempat sampah maupun lainnya," ucapnya,

Bantuan gerobak masing-masing berasal dari PT Sapta Indra Sejati dan PT Adaro Energy sebanyak 10 unit, PT Agro Afiat Nusantara dua unit, PT Talenta Bumi dua unit, PT Putra Bangun Bersama dua unit, PT Alfamart satu unit, PT Patria Maritim Indonesia dua unit, PT Indomaret dua unit, PT Indonesia Multipurpose Terminal satu unit, dan PT Barito Galangan Nusantara satu unit. 

Sedangkan 30 buah bak sampah masing-masing lima warna berasal dari PT Tanjung Selatan Makmur Jaya (TSMJ), PT Darma Putra Kalimantan Sejati, PT Resha Rabby Lestari, PT Agra Budi Gas Utama, PT Indoka Sakti dan PT Tri Buana Mas. 

Upacara  diikuti Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor, para anggota Forkopimda, para staf ahli, asisten, para pimpinan SKPD, Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Ketua DWP Hj Herwina Rezeki Zulkipli Yadi Noor, para pejabat eselon III, IV, Satpol-PP dan para pelaksana.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022