Pertumbuhan penumpang di Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin selama bulan Mei tahun 2022 mengalami kenaikan cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2021.
 
Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Selasa mengatakan, kenaikan terjadi baik pada kedatangan maupun keberangkatan penumpang.
 
"Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, pertumbuhan penumpang selama Mei baik yang berangkat maupun penumpang yang datang mengalami kenaikan signifikan," ujarnya.
 
Disebutkan, kenaikan penumpang yang datang secara kumulatif selama bulan Mei mencapai 110,5 persen dengan jumlah penumpang harian bervariasi antara 2.500 orang hingga 5.000 orang.
 
Sementara, jumlah penumpang yang berangkat dari bandara yang terletak di Kota Banjarbaru itu mencapai 86 persen dengan jumlah penumpang harian antara 2.700 orang hingga 4.300 orang.
 
"Kedatangan penumpang di bulan Mei 2021 mencapai 62.191 orang dan di Mei 2022 menembus 130.916 orang, sedangkan keberangkatan pada Mei 2021 mencapai 57.302 orang dan Mei 2022 ada 106.590 orang," ucapnya.
 
Dikatakan, terjadinya kenaikan penumpang yang datang disebabkan libur panjang pasca peringatan Hari Raya Idul Fitri ditambah kelonggaran atas kebijakan pemerintah yang menurunkan status PPKM.
 
" Tahun lalu diterapkan pembatasan kegiatan masyarakat karena masih pandemi COVID-19, namun sejak awal Mei kebijakan pembatasan mulai dilonggarkan sehingga banyak yang bepergian," ungkapnya.
 
Ditambahkan, pertumbuhan calon penumpang yang siap berangkat maupun penumpang yang datang diperkirakan mengalami kenaikan signifikan seiring masuknya masa liburan sekolah.
 
"Seperti kebiasaan, penumpang baik yang datang maupun berangkat mengalami kenaikan selama masa liburan dengan kisaran kenaikan mencapai 20 hingga 30 persen secara kumulatif," katanya.
 
Baca juga: Arus Balik - 8.192 pemudik kembali ke Kalsel lewat Bandara Syamsudin Noor
Baca juga: Bandara Syamsudin Noor catat jumlah penerbangan ekstra tertinggi selama arus mudik
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022