Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ikhsan Budiman mengatakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan mengunjungi Desa Wisata Kubah Basirih di Banjarmasin Barat.

Ikhsan di Banjarmasin, Selasa, mengatakan Menteri Sandiaga Uno dijadwalkan datang Jumat (3/6/2022) untuk mengunjungi desa wisata tersebut.

Menurut dia, Desa Wisata Kubah Basirih --di mana ada makan Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, yang lebih dikenal sebagai Habib Basirih, yang wafat pada 1949-- termasuk 50 desa wisata tingkat nasional pada 2022.

"Ini bagian dari rangkaian proses  untuk Anugerah Desa Wisata 2022, dan Desa Kubah Basirih sudah masuk 50 besar tingkat nasional," ujar Ikhsan.

Pemkot Banjarmasin sangat berbangga salah satu nominasi desa wisata nasional ada di Kota Banjarmasin, ujarnya, dan pemerintah kota juga sudah cukup banyak membantu sarana dan prasarana penunjang di objek wisata religi itu.

Dia pun menyampaikan, kedatangan Menparekraf ke Kota Banjarmasin tentunya makin meningkatkan pesona pariwisata kota seribu sungai, julukan Kota Banjarmasin, untuk terus mengembangkan sektor pariwisatanya.

Banjarmasin memiliki sejumlah objek wisata andalan, di antaranya pasar terapung, susur sungai Martapura, siring sungai, hingga wisata kuliner dan wisata religi seperti Kubah Basirih, Makam Sultan Suriansyah dan mesjid bersejarahnya.

"Mungkin pa menteri nanti juga keliling sungai atau wisata susur sungai, tapi pusat kunjungan beliau tetap di Basirih," ucapnya.

Sebelumnya Menparekraf Sandiaga Uno dalam rilis resmi Kemenparekraf pada 29 April 2022 menyampaikan, Kubah Basirih masuk 50 besar desa wisata bersaing dengan 3.419 desa wisata dari 34 Provinsi di Indonesia. 

"Dari 34 provinsi di Indonesia, saya umumkan 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2020. Dari Kalimantan Selatan ada Desa Wisata Kubah Basirih," ungkap Sandi dalam siaran persnya.  
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022