Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) VI/Mulawarman Brigadir Jenderal TNI Ibnu Bintang Setiawan membuka latihan dasar militer ratusan anggota komponen cadangan tahun 2022 yang dididik selama tiga bulan.
 
Pembukaan latsarmil bagi 500 orang personel Komcad yang berasal dari berbagai elemen masyarakat itu dilakukan oleh Kasdam di lapangan Kejujuran Rindam VI/Mulawarman di Banjarbaru, Senin.
 
"Kalian harus bangga karena terpilih menjadi unsur Komponen Cadangan setelah melalui proses seleksi yang tidak mudah. Apalagi peran kalian menjadi bagian dari tugas membela negara," ujar kasdam.
 
Pernyataan kasdam sesuai amanat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subiyanto terkait komcad sebagai bagian strategi pemerintah untuk membentuk sistem keamanan dan pertahanan rakyat semesta.
 
Dijelaskan, strategi yang dilakukan pemerintah melibatkan seluruh unsur baik sumber daya manusia, sumber daya alam maupun sumber daya buatan hingga sarana nasional yang dijadikan satu kesatuan.
 
"Strategi itu menjadi satu kesatuan menanggulangi ancaman sehingga diperlukan penanaman nilai-nilai bela negara yang disertai pembangunan kekuatan TNI serta alutsista sebagai komponen utama pertahanan negara," ucapnya.
 
Ditambahkan kasdam, rekrutmen komcad bersifat sukarelawan yang berasal dari ASN, kemhan, TNI, pemda, instansi perguruan tinggi, pegawai BUMN, BUMD, swasta, maupun warga negara lain (umum).
 
"Mereka yang terpilih telah melalui proses pemeriksaan kesehatan juga mental, jasmani dan ideologi yang setiap saat bisa dimobilisasi sesuai keperluan terutama dalam rangka bela negara," kata kasdam.
 
Baca juga: Wali Kota Banjarbaru resmikan RT 49 pilot project RT mandiri
Baca juga: Aditya minta babarasih sungai jadi rutinitas

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022