PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) menerima penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan RI atas implementasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3), Selasa, (24/5) di Jakarta. 

"Dalam kesempatan ini, ada total 67 unit PLN dari seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan. Kegiatan penghargaan yang dilaksanakan secara hybrid, PLN UIP KLT mendapatkan kesempatan untuk menerima secara langsung dari Menteri Ketenagakerjaan," ujar General Manager PLN UIP Kalbagtim Josua Simanungkalit, dilaporkan, Minggu. 

Penghargaan tersebut, kata dia, diberikan oleh pemerintah kepada manajemen perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan SMK3 yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan pada jangka waktu tertentu.

PLN UIP Kalbagtim, kata dia, telah mengimplementasikan SMK3 sejak 2016 dan kemudian pada 2021 telah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Mutu (SMM).

"Implementasi SMK3 sendiri sejalan dengan target PLN untuk mewujudkan zero accident, dan nilai-nilai budaya K3 yang tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia," ujarnya. 

Kata Josua, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta standar mutu perusahaan merupakan hal penting dalam keberlangsungan proses bisnis, terutama di PLN UIP Kalbagtim yang merupakan unit bisnis yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Kalimantan bagian Timur, Utara dan Selatan.

Berdasarkan Audit SMK3 pada 2021 lalu, terang dia,  PLN UIP Kalbagtim berhasil mendapatkan poin penilaian sebesar 90,36 untuk audit tingkat lanjutan dengan 166 kriteria audit. 

"Hasil tersebut, masuk dalam kategori memuaskan. Atas hasil penilaian tersebut, PLN UIP Kalbagtim senantiasa akan terus menegakkan budaya K3 pada setiap aspek dalam rangka pelaksanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan," ujarnya. 

Lebih lanjut, sebut dia, untuk mempertahankan hingga meningkatkan poin tersebut, PLN UIP Kalbagtim senantiasa akan terus menegakkan budaya K3 dengan maksimal, mulai dari perencanaan pekerjaan hingga pelaksanaan di lapangan sesuai dengan standart operating procedure (SOP) yang berlaku. 

"Kepada semua yang terlibat dan pihak kementerian, terima kasih atas penghargaan yang diberikan, dengan kibaran bendera emas SMK3, dapat menjadi penyemangat bagi kami untuk menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan yang andal dan bermutu," tutup Josua.

Baca juga: PLN ajak pelajar dan mahasiswa kunjungi sistem kelistrikan di PLTA PM Noor
Baca juga: PLN manfaatkan abu sisa pembakaran batu bara untuk bangun rumah marbut masjid

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022