Jajaran Pemeriintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Tim Verifikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, yang datang berkunjung ke Kabupaten HSS.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS, Kusyairi, di Kandangan mengatakan, ada tiga titik lokasi yang akan dikunjungi oleh Tim BNPB Pusat, yang kebetulan masuk wilayah Kecamatan Padang Batung.

"Dua titik di Desa Batu Laki, yakni jalan rusak dan jembatan putus, sedangkan satunya lagi siring yang ada di Desa Pandulangan," katanya, menyampaikan keterangan, di Aula Ramu Setda HSS, Selasa (24/5) kemarin.

Baca juga: Lima rumah warga dan jembatan rusak pascabanjir di HSS

Dijelaskan dia, tim BNPB akan melihat langsung ke lapangan untuk verifikasi, sebagai langkah awal untuk tindakan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir.

Ketua Tim Verifikasi BNPB Pusat, Ranggi Maulana, mengatakan pentingnya melihat langsung ke lapangan kondisi yang ada, sebagaimana yang dilaporkan BPBD HSS.

"Langkah ini prosedur yang memang harus kami lakukan, dalam menindak lanjuti setiap laporan bencana yang terjadi di setiap daerah," katanya.

Menurut dia, hal ini penting karena hasilnya nanti akan pihaknya tindak lanjuti dan dibicarakan dengan pihak Kementerian Keuangan.

"Untuk selanjutnya hasilnya berupa dana hibah dari pemerintah pusat yang dikucurkan kepada pemerintah daerah, sesuai dengan kondisi kerusakan yang terjadi akibat bencana," katanya.

Baca juga: Curah hujan tinggi akibatkan banjir dan longsor di wilayah HSS

Dalam rapat disepakati bahwa Tim BNPB akan melakukan verifikasi ke lapangan, Rabu(25/5), didampingi BPBD HSS dan Dinas PUTR HSS, serta dari Tim BPBD Provinsi Kalsel dan Balai Sungai.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, MK Saputra, mengucapkan selamat datang di HSS kepada tim dari BNPB.

"Kalau berkesempatan kami juga berharap selain beberapa tempat yang akan disurvei besok, mungkin tim bisa melihat beberapa tempat rawan bencana lainnya di HSS, sekalian nanti menikmati kawasan wisata Loksado di HSS," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022