Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Puluhan mahasiswa jurusan pendidikan Seni Tari Sekolah Tinggi Kejuruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Banjarmasin menghibur para pengujung Pasar Tarapung dengan sejumlah tarian lokal Kalimantan Selatan dan nusantara di panggung terbuka, Jalan Piere Tendean Banjarmasin, Minggu  .


Dosen Pembimbing Suwarjia didampingi Dewi Rukmini ketika ditemui di pangung terbuka Pasar Terapung, menjelaskan pertunjukan tari oleh 80 mahasiswa semester I-V tersebut untuk memberikan hiburan alternatif kepada pengunjung Pasar Terapung Tendean.

Penampilan para mahasiswa ini sebagai hiburan alternatif bagi pengunjung Pasar Terapung siring Piere Tendean ini," kata Suwarjia.

Munurut Suwarjia tarian yang ditampilkan dari daerah Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Tirik Lalan, Kuda Gepang, Giring-Giring dan lainnya.

Termasuk tarian kreasi dibawakan oleh dua grup,  yaitu grup Mami menyuguhkan tarian tentang perjalanan hidup manusia yaitu lahir, remaja hingga tua renta dan mati.

Bagaimana kerusakan hutan karena keserakahan manusia (pengusaha modal besar),  orang menjungkir balikkan gunung hingga menjadi lahan terbuka, gersang dan panas karena nafsu mendapatkan batu bara itu tergambar dalam tarian tentang kerusakan lingkungan yang disuguhkan secara apik oleh Grup Papi.

Tak kalah menarik adalah penampilan tari Kuda Gepang yang dibawakan oleh sejumlah guru TK, bahkan diantara penarinya ada yang lagi hamil.

"Para guru TK kita berikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya, ditengah kesibukan mereka mengajar, pungkas Suwarjia.  

Dewi Rukmini yang juga isteri Suwarjia menambahkan tarian tarian dibagi dua jenis yaitu lokal dan nusantara, untuk nusantara seperti Kuda Gepang atau tarian dari luar Kalimantan.

Dosen yang akrab dipanggil Dewi itu berharap suguhan tarian dari mahasiswanya mendapat apresiasi dari pengunjung pasar terapung.

Mudahan suguhan ini dapat menghibur, selain penampilan grup musik panting yang tampil hampir tiap minggu di panggung pasar terapung," harapnya sambil memperhatiakn warga yang berjubel dekat panggung.

Menurutnya para mahasiswa jurusan tari selain praktek di kampung dan di Taman Budaya Kalsel mereka juga diberi kesempatan untuk tampil di panggung terbuka dekat Menara Pandang tersebut./e

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016