Sejumlah sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, akan terapkan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru 2022/2023 ini.

Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan HST Misran menyebutkan, ada sebanyak 214 sekolah jenjang dasar dan menengah di HST mendaftar untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru. Rinciannya yaitu 201 sekolah dasar dan 13 sekolah menengah pertama," katanya di Barabai, Kamis.

Menurutnya, kurikulum merdeka digagas pada 11 Februari 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tujuannya sebagai opsi pemulihan pembelajaran di tengah pandemi.

"Sekolah siap secara kemauan, untuk selanjutnya InsyaAllah akan mendapatkan pendampingan," kata Misran.

Dikatakannya, pendampingan yang dimaksud yakni pelatihan lebih dalam mengenai implementasi kurikulum merdeka. Misran menjelaskan topik-topik pembahasan dalam pelatihan akan dikupas di aplikasi merdeka belajar.

"Contoh topik pelatihan seperti topik merdeka belajar, kurikulum, profil pelajar pancasila, perencanaan pembelajaran di SMA atau SMK, SMP hingga SD sesuai jenjang sekolah. Pendampingan pelatihan semuanya dilakukan secara online," ungkapnya.

Misran menjelaskan, semua jenjang sekolah memilih implementasi kurikulum merdeka yakni mandiri berubah. Sekolah diberikan keleluasaan saat menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

"Selain sekolah negeri. Ada 11 satuan pendidikan swasta yang kami data dan siap menerapkan kurikulum merdeka ini," pungkasnya.

Mengutip laman resmi Kemdikbud.go.id kebijakan kurikulum merdeka merupakan opsi tambahan dalam rangka pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada tahun 2024. Artinya tahun 2024 menjadi penentu kebijakan kurikulum nasional. Berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum masa pemulihan pembelajaran.

Baca juga: Bupati HST beri penghargaan siswa dan pendidik berprestasi
Baca juga: HST bentuk Satgas PPPB lingkungan perkantoran cegah kebakaran
Baca juga: Seluruh urusan administrasi di Disdik HST harus melalui ULT

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022