Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M Tr Hanla mengunjungi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam rangkaian HUT ke- 72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Ia mengatakan, dalam rangka peringatan HUT pihaknya melaksanakan acara ziarah, rombongan tabur bunga, dan pembacaan naskah sejarah proklamasi kemerdekaan, saat di Museum Rakyat Kabupaten HSS.

Baca juga: Gowes tilas pahlawan HSS peringati HUT Proklamasi ALRI

"Adanya proklamasi tersebut untuk menyatakan kepada masyarakat dan pemerintah Republik Indonesia (RI) bahwa gerilya tentara ALRI Divisi IV di Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan serta kemampuan menyusun suatu pemerintahan hingga menjadi bagian dari NKRI," katanya, dalam keterangan, Selasa (17/5).

Dijelaskan dia, masyarakat luas, khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel) supaya mengetahui bahwa proklamasi tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia.

Sekaligus wujud jiwa patriot nasionalisme dari sosok Brigjen TNI ( Purn) H Hasan Basry yang patut dijadikan contoh suri tauladan bagi generasi muda, sebagai pahlawan nasional yang rela mengorbankan jiwa dan raga demi keutuhan bangsa dan negara.

Baca juga: Ziarah makam pahlawan bentuk penghargaan untuk para leluluhur

Adapun kunjungan sendiri, juga sebagai ajang silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS yang wilayahnya merupakan wilayah teritorial Lanal Banjarmasin.

Danlanal Banjarmasin dalam kegiatan ini memberi bantuan tali asih kepada para staf Museum Rakyat HSS, dan turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kamidi dan Kepala Dinas Pendidikan, Hj. Siti Erma.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022