Bupati Hulu Sungai Selatan  (HSS), H. Achmad Fikry melepas para peserta Gowes Tilas Pahlawan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Gubernur ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di depan gedung MTQ Kandangan.

Ia mengatakan, berterimakasih kepada Ikatan Sepeda Indonesia Kabupaten HSS yang telah memfasilitasi kegiatan Gowes Tilas Pahlawan ini.

“Alhamdulillah ini situasi kedua yang memungkinkan event-event seperti ini dilanjutkan. Mudah-mudahan ini jadi ikatan silaturahim yang kuat di antara mereka, lancar di perjalanan dan kembali selamat, serta agar nilai perjuangan melekat di mereka,” katanya, Minggu (15/5).

Baca juga: Ziarah makam pahlawan bentuk penghargaan untuk para leluluhur

Ketua Pelaksana, Sasmi Rifani, mengatakan gowes ini dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Gubernur ALRI Divisi IV Pertahanan ke-37 Kalimantan, untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang mempertahankan Kalimantan.

“Ini gowes ke-3 yang bisa kita laksanakan dari 2018, kemudian 2019, dan 2022 . Dua tahun belakangan tidak dilaksanakan, karena COVID-19," katanya.

Dijelaskan dia, jumlah peserta 700 orang lebih yang berasal dari berbagai daerah, yakni dari Katingan, Buntok, Kalimantan Tengah, Batulicin, Banjarmasin dan Amuntai.

Pihaknya bersyukur banyak yang ingin mengikuti Gowes Tilas Pahlawan pada tahun ini.  Ia berharap adanya kegiatan ini membawa dampak besar bagi perekonomian, keolahragaan, serta kedisiplinan, karena orang yang dari luar bisa berbelanja di HSS.

Baca juga: HSS persiapkan peringatan HUT Proklamasi Gubernur ALRI Divisi IV

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti gowes ini, hal tersebut dibuktikan dengan ratusan orang yang mendaftar, dan sorak-sorak semangat ketika gowes dimulai.

Rute Gowes Tilah Pahlawan dimulai dari MTQ, lalu menuju Karang Jawa, lalu Desa Madang melewati Benteng Madang, lanjut ke Desa Padang Batung, berputar menuju Desa Baluti dan kembali lagi ke Lapangan Lambung Mangkurat.

Turut hadir, Sekretaris Daerah HSS, H Muhammad Noor dan Ketua DPRD HSS, H. Akhmad Fahmi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022