Batulicin,  (Antaranews Kalsel) - Pemkab Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menerima dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) periode 2016 sebesar Rp191,9 miliar, untuk membiayai pembangunan di daerah yang berjuluk `Bumi Bersujud'.


Penjabat Bupati Tanah Bumbu H. Wahyuddin di Batulicin, Sabtu mengatakan, dana dari pemerintah pusat itu akan digunakan sesuai peruntukannya yang sudah ditetapkan dalam program pembangunan daerah.

"Dengan suport dana APBN tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemerataan dan mempercepat pembangunan di Tanah Bumbu sesuai yang telah direncanakan," ujarnya.

Wahyuddin mengaku sudah menerima Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) 2016 yang resmi diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Pusat Pembendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru.

Sesuai rekapitulasi alokasi dana akan ditransfer langsung ke rekening Pemkab Tanah Bumbu, dana APBN diperuntukkan kepada satuan kerja vertikal Kementerian atau Lembaga yang ada di Tanah Bumbu sebesar Rp174,6 miliar, sedangkan untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebasar Rp17,3 milar.

"Penyerahan DIPA dilaksanakan lebih awal 2016, hal tersebut untuk memastikan pelaksanaan anggaran dimulai tepat pada waktunya, sehingga dengan diserahkannya DIPA, pimpinan SKPD dapat segera merealisasikan rencana-rencana yang sudah ditetapkan.

Kepala Kepala Kantor Pusat Pembendaharaan Negara Kotabaru Sudarmaji menambahkan, DIPA di wilayah KPPN Kotabaru seluruhnya sebanyak 63 DIPA yang meliputi Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu.

"Rincian DIPA Satuan Kerja Vertikal sebanyak 56 DIPA, Kabupaten Kotabaru 31 DIPA dan Kabupaten Tanah Bumbu 25 DIPA, kemudian DIPA Tugas Pembantuan Sebanyak 7 DIPA terdiri atas Kabupaten Kotabaru 3 DIPA dan Kabupaten Tanah Bumbu 4 DIPA," demikian Sudarmaji.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016