Memorandum of Understanding atau MoU rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, dengan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), mendapat tanggapan positif.

Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Selatan H Hasanuddin Murad SH mengemukakan tanggapan positif terhadap MoU tersebut saat reses ke Desa Karya Makmur, Kecamatan Tabukan, Batola, ujar Humas Sekretariat Dewan (Setwan) provinsi tersebut melalui WA-nya, Jumat (13/5/22).

Ketika reses di Desa Karya Makmur tersebut, mantan Bupati Batola dua periode tersebut juga menyoroti wacana pembangunan jembatan di daerah Pantang Baru yang berbatasan dengan Kalteng yang merupakan MoU dari Bupati Batola dan Bupati Kapuas.

Menurut Ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur yang juga membidangi perhubungan itu wacana pembangunan jembatan tersebut merupakan kabar baik.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel III/Batola itu berharap, jembatan itu nanti akan membantu aktivitas warga agar akses tidak lagi terbatas.

"Pembangunan jembatan atau infrastruktur itu merupakan peluang, dan kita harapkan menjadi angin segar untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan warga," ujar wakil rakyat yang akrab dengan sapaan Hasan tersebut.
Anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Hasanuddin Murad sedang reses di Desa Karya Makmur, Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala, 12;Mei 2022. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Sementara Camat Tabukan Abdi Maulana SSTP menyambut baik kedatangan Ketua Komisi III DPRD Kalsel yang juga politikus senior Partai Golkar itu yang menurutnya sangat mereka/masyarakat tunggu-tunggu.

Sebab, menurut dia, sosok beliau (Hasan) sangat berpengaruh karena pernah Bupati Barito Kuala selama dua periode..

"Saya mewakili warga Kecamatan Tabukan tentunya berbangga dengan kehadiran beliau, sebagaimana sosok beliau sebagai bupati dua periode tentunya sangat dinantikan di sini," ujarnya. 

"Apalagi tadi sempat ada sesi tanya jawab atau diskusi, jadi aspirasi warga tersampaikan dengan  baik. Semoga di lain waktu beliau dapat kembali berhadir di tengah-tengah warga Kecamatan Tabukan," demikian Abdi Maulana.

Kegiatan reses tersebut pada sejumlah titik tanggal 11 hingga 18 Mei 2022, salah satunya di Desa Karya Makmur, Kecamatan Tabukan.

Saat reses di Desa Karya Makmur hadir kepala desa dan masyarakat setempat, serta Camat Tabukan.

Desa Karya Makmur merupakan desa di sebelah utara Batola. Daerah itu memang sangat jauh dari ibukota provinsi, bahkan mendekati ujung Batola, karena setelah jalan di sini, sudah habis jalan di kabupaten tersebut.

"Kami sengaja datang ke sini untuk melihat perkembangan masyarakat setempat dan menampung aspirasi yang kemudian disampaikan kepada kepala daerah Kalsel untuk menjadi pertimbangan serta pedoman pengambilan kebijakan, sebagai tindak lanjut harapan masyarakat," demikian Hasan.
Anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Hasanuddin Murad sedang reses di Desa Karya Makmur, Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala, 12;Mei 2022. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)y

Batola dengan ibukotanya Marabahan (sekitar 50 kilometer barat Banjarmasin) itu merupakan daerah pertanian pasang surat, dan juga sebagai lumbung padi Kalsel.

Baca juga: Bupati buka TMMD ke-113 di Desa Karang Mekar
Baca juga: Baznas Batola imbau ASN salurkan zakat ke Baznas
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022